Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semangat Masyarakat dan Diaspora Indonesia di Sydney Ikuti Upacara HUT Ke-77 RI

Kompas.com - 19/08/2022, 16:00 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com - Setelah sempat ditiadakan karena pandemi Covid-19, upacara bendera peringatan HUT RI kembali diselenggarakan oleh KJRI Sydney pada Rabu (17/8/2022).

Bertempat di Wisma Indonesia, Sydney, upacara tersebut diikuti puluhan masyarakat dan diaspora Indonesia secara antusias.

Suasana musim dingin Kota Sydney tidak menjadi halangan bagi mereka untuk hadir upacara dengan menggunakan berbagai pakaian adat nusantara.

Baca juga: Meriahkan Peringatan HUT Ke-77 RI, KJRI Sydney Gelar Perayaan di Taronga Zoo

Upacara HUT Ke-77 RI kali ini dipimpin langsung oleh Konsul Jenderal RI Sydney, Vedi Kurnia Buana.

Upacara antara lain diikuti oleh seluruh jajaran KJRI Sydney, Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC), Indonesian Investment Promotion Centre (IIPC), perwakilan Dharma Wanita Persatuan, BUMN Indonesia di Sydney, Persatuan Pelajar Indonesia Australia, serta organisasi masyarakat dan diaspora Indonesia.

Setelah prosesi utama berakhir, upacara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba yang diselenggarakan KJRI Sydney berkolaborasi dengan sejumlah organisasi masyarakat dan mahasiswa.

Terdapat 5 (lima) jenis perlombaan yang diselenggarakan, yakni turnamen sepak bola “Piala Merdeka”, lomba tenis meja, lomba esports Mobile Legends, lomba fotografi, dan lomba menyanyi lagu nasional atau daerah Indonesia.

Berdasarkan keterangan tertulis yang dikirim KJRI Sydney kepada Kompas.com, Kamis (18/9/2022), serangkaian perlombaan tersebut telah diadakan sejak pertengahan Juli lalu.

KJRI Sydney menyebut perlombaan itu berjalan semarak dan diikuti oleh 119 peserta.

Baca juga: KJRI Sydney Kenalkan Bumbu dan Kuliner Khas Indonesia di Australia

Acara pemotongan nasi tumpeng oleh Konsul Jenderal RI Sydney sebagai wujud rasa syukur atas anugerah 77 tahun kemerdekaan RI semakin menambah kehangatan suasana.

Potongan nasi tumpeng salah satunya dipersembahkan kepada Jon Soemarjono, salah seorang tokoh diaspora senior yang tahun ini berusia 87 tahun.

Dalam sambutannya, Konjen Vedi Kurnia Buana menggarisbawahi bahwa kemerdekaan Indonesia merupakan hasil dari perjuangan panjang yang harus terus dijaga dengan semangat kebersamaan dan persatuan.

“Dengan momentum peringatan HUT ke-77 RI ini, saya mengajak para masyarakat dan diaspora Indonesia di Australia untuk terus memberikan sumbangsih bagi bangsa Indonesia,” ucap Konjen Vedi.

Dalam acara tersebut, anggota Dharma Wanita Persatuan KJRI Sydney turut tampil memeriahkan suasana.

Dilaporkan KJRI Sydney, mereka berhasil membuat kagum para tamu undangan dengan tampil membawakan lagu “Hari Merdeka” dan “Sinanggar Tulo” dengan menggunakan alat musik angklung.

Baca juga: KJRI Sydney Fasilitasi Kerja Sama Penempatan Pekerja Migran Indonesia ke Australia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com