Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendera Kebangsaan Indonesia dan Monaco, Memang Serupa Tapi Tak Sama

Kompas.com - 17/08/2022, 17:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

KOMPAS.com - Sama-sama berwarna merah putih, tapi berbeda makna dan latar sejarah. Itulah gambaran benderah Indonesia dan Monaco, yang punya kesamaan warna.

Indonesia dan Monaco memang memiliki kesamaan dalam hal bendera kebangsaan.

Bendera kedua negara sama-sama berwarna Merah dan Putih. Masalah itu pun sempat menjadi perdebatan antara kedua negara, meski bisa diselesaikan.

Baca juga: Sanksi WADA Merembet, Bendera Merah Putih Tak Boleh Berkibar di MotoGP, WorldSBK, hingga F1

Berkibar Meski Berbeda

Meski sama-sama berwarna merah putih. Namun bendera kedua negara tersebut memiliki perbedaan, termasuk makna yang terkandung di dalamnya.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Sekretariat Negara, bendera merah putih ini berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran 2:3 dari panjang. Bendera merah putih ini merangkum nilai-nilai kepahlawanan, patriotisme, dan nasionalisme.

Sementara bendera Monaco mempunyai ukuran 4:5. Perbedaan bendera Monaco dan Indonesia ada pada ukuran atau perbandingan antara panjang dan lebarnya.

Baca juga: Lampu Merah Putih Menyala Gemerlap di Brisbane, Peringati HUT ke-76 RI

Sejarah dan Makna

Dalam sejarahnya, Bendera Monaco sangat identik dengan House of Grimaldi. Grimaldi adalah sebuah dinasti yang berperan dalam sejarah berdirinya negara tersebut.

Bahkan bendera kedua negara tersebut sama dengan bendera Polandi. Namun bendera Polandia posisi warnanya terbalik, putih di atas sedangkan merah di bawah.

Terkait makna, kedua bendera memiliki makna yang berbeda. Makna negara Indonesia, merah artinya berani dan putih berarti suci.

Warna merah melambangkan tubuh manusia, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia. Keduanya saling melengkapi dan menyempurnakan.

Baca juga: Disebut Mirip, Inilah Perbedaan Bendera Merah Putih Indonesia dan Monaco

Latar Belakang Merah Putih Monaco

Warna merah dan putih pada bendera Monaco sudah menjadi ciri khas keluarga Grimaldi sejak 1339. Desainnya sering berubah-ubah.

Dilansir Britannica, Monaco mempunyai lambang negara dengan gambar pangeran yang unsur-unsur desain utamanya berasal dari ratusan tahun yang lalu.

Bentuknya sekarang lebih sederhana dan mulai digunakan sejak 4 April 1881. Bendera Monaco memang sejak awal menampilkan banyak variasi grafis.

Bendera Monaco berwarna Merah Putih pertama kali dipatenkan pada 4 April 1881 di masa pemerintahan Pangeran Charles III.

Penguasaan pertama Monaco ada di tangan keluarga Grimaldi pada 1297, tapi bukan penguasaan secara permanen. Baru pada 1419, Grimaldi membeli Monaco dan menjadi penguasa resmi.

Baca juga: Pakai Sepatu dan Kaus Kaki Merah Putih, Wanita Ini Didenda Rp 12,8 Juta

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com