Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebut Muslim Tatar Menderita karena Rusia, Dubes Ukraina Minta Bantuan Indonesia

Kompas.com - 12/08/2022, 10:58 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber Antara

JAKARTA, KOMPAS.com - Dubes Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin berharap Indonesia dapat memberikan bantuan kepada bangsa Ukraina, khususnya bagi minoritas Muslim Tatar yang membutuhkan sarana dan prasarana ibadah.

Dia berharap ada bantuan nyata ke Ukraina dari Indonesia setelah Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi berkunjung pada Juni lalu.

"Pasca kunjungan Presiden Indonesia Joko Widodo ke Ukraina diharapkan dapat dilanjutkan dengan bantuan nyata yang terfokus bagi minoritas Muslim Tatar,” kata Hamianin dalam keterangan yang diterima di Jakarta pada Kamis (11/8/2022), sebagaimana dikutip dari Antara.

Baca juga: Saat Dubes Ukraina Bacakan Puisi Aku karya Chairil Anwar

Dia juga berharap komunitas Muslim Indonesia dapat memberikan dukungan bagi komunitas Muslim Tatar di Semenanjung Crimea yang sangat menderita akibat invasi Rusia.

Hamianin mengatakan kondisi komunitas Muslim Tatar di wilayah itu sangat berat.

Sejak 2014, kata dia, wilayah tersebut telah dijajah Rusia dan hingga kini keseharian mereka terus menerus mengalami represi.

Dubes Ukraina untuk Indonesia itu menyebut Muslim Tatar mendapat tekanan dari Moskwa.

Dia menambahkan bahwa kondisi kehidupan Muslim Tatar semakin memprihatinkan akibat intensitas perang yang meningkat sejak Februari 2022 hingga kini.

"Tidak saja masjid yang rusak, umat Muslim Tatar pun kesulitan beribadah akibat tekanan," katanya.

Baca juga: Dubes Ukraina Ungkap 2 Opsi Akhiri Perang dengan Rusia

Untuk membangun infratruktur yang rusak akibat perang Rusia-Ukraina, kata Hamianin, pada tahun ini Ukraina juga akan berupaya menggelar Ukraine Platform Summit.

Ini adalah ajang penggalangan bantuan secara daring yang ditujukan bagi pembangunan kembali Ukraina.

“Kami berharap Yang Mulia Bapak Jokowi dapat terlibat dalam Ukraine Platform Summit, khususnya bagi umat Muslim Tatar di wilayah Crimea yang terdampak oleh serangan Rusia,” kata dia.

Jokowi, yang masuk dalam daftar tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia 2022 versi The Muslim 500, seperti diketahui telah berkunjung ke Ukraina untuk memfasilitas perdamaian kedua negara.

Baca juga: Dubes Ukraina Ungkap Pesan Zelensky ke Putin via Jokowi: Ada 3 Arti


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com