Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kakek Ini Tak Pernah Mandi 22 Tahun, Ternyata Ada Alasan Mulia di Baliknya

Kompas.com - 03/08/2022, 14:01 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

NEW DELHI, KOMPAS.com – Seorang kakek berusia 62 tahun dari Baikunthpur, Negara Bagian Bihar, India, menjadi perhatian banyak orang setelah terungkap bahwa dia tak pernah mandi selama 22 tahun.

Meski demikian, tidak ada satu pun yang berani mengejek kakek bernama Dharamdev Ram tersebut. Justru banyak yang menghormati keputusannya.

Pasalnya, Dharamdev Ram bersumpah tidak akan mandi kecuali kekerasan terhadap perempuan, sengketa tanah, dan pembunuhan hewan tak berdosa dihentikan.

Baca juga: Hotel Bintang 5 Mati Listrik, Tawarkan Ember Air Panas untuk Mandi Para Tamu

Sampai semua keinginannya tersebut terwujud, Dharamdev Ram bersumpah tidak akan mandi. Dan Dharamdev Ram terus melaksanakan lakunya itu hingga kini.

“Pada 1975, saya bekerja di sebuah pabrik di Jagdal, Bengal, dan menikah pada 1978 lalu menjalani kehidupan normal,” kata Dharamdev Ram kepada ETV Bharat.

Pada 1987, Dharamdev Ram tiba-tiba tersadar bahwa sengketa tanah, pembunuhan hewan, dan kekejaman terhadap perempuan mulai meningkat.

“Jadi, untuk mencari jawaban, saya mendekati seorang 'Guru' yang menjadikan saya sebagai muridnya dan mengilhami saya untuk mengikuti jalan bhakti. Sejak itu, saya menuju jalan bhakti dan mulai bermeditasi untuk Dewa Rama,” ucap Dharamdev Ram.

Baca juga: Viral Video Majikan Tulis 12 Aturan untuk ART, Harus Mandi Setelah Masak dan Dilarang Hidupkan AC Tanpa Izin

Pada 2000, ketika dia bersumpah untuk tidak mandi sampai hal-hal tersebut berhenti, Dharamdev Ram juga berhenti dari pekerjaannya. Tetapi, dia dengan cepat kembali karena tekanan dari keluarganya.

Namun, ketika tersebar tentang janjinya yang tidak biasa, dia dipecat, dan dia tetap menganggur sejak itu sampai sekarang, sebagaimana dilansir Oddity Central, Senin (1/8/2022).

Istri Dharamdev Ram, Maya Devi, meninggal pada 2003. Bertahun-tahun kemudian, salah satu putranya meninggal. Pada 2021, putranya yang lain juga meninggal.

Meski ditinggalkan oleh keluarganya, Dharamdev Ram tetap tidak mandi. Bahkan jika itu mungkin berarti tidak pernah mandi sampai ajal menjemputnya.

Baca juga: Sebut Tak Perlu Mandi Tiap Hari, Pakar Kulit Ini Picu Kontroversi

Kakek yang kini berusia 62 tahun itu siap untuk menepati sumpah yang dia buat 22 tahun lalu, kecuali jika tujuan mulianya tercapai.

Upaya Dharamdev Ram yang tidak biasa untuk mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan hewan, serta sengketa tanah, menjadi viral di India baru-baru ini dan memicu investigasi dari beberapa wartawan.

Sejumlah wartawan lantas melakukan perjalanan ke Baikunthpur untuk mewawancarai Dharamdev Ram beserta sejumlah penduduk setempat.

Saat diwawancarai, semuanya membenarkan bahwa Dharamdev Ram tidak mandi selama 22 tahun.

Baca juga: Cosplayer Jepang Pose Telanjang di Bak Mandi untuk Sesi Foto, Gegerkan Dunia Maya

Berita video "Mandi di Sungai, Remaja di Buton Diterkam Buaya hingga Tewas" dapat disimak di bawah ini


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com