Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zelensky dan Istri Berpose untuk Majalah Vogue kala Perang, Warganet Meradang

Kompas.com - 28/07/2022, 15:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Newsweek

KYIV, KOMPAS.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan istrinya Olena Zelenska telah memicu reaksi keras di dunia maya, setelah berpose untuk pemotretan Vogue di tengah perjuangan negara mereka melawan invasi pasukan Rusia.

Dilansir Newsweek, dengan lebih dari 150 hari telah berlalu sejak pejuang Presiden Rusia Vladimir Putin memasuki negara tetangga Ukraina, pasangan itu berpose untuk "alkitab mode" edisi AS dalam serangkaian foto yang diambil oleh fotografer terkenal Annie Leibovitz.

Sementara gambar glamor menunjukkan keduanya berpelukan sambil duduk di meja, yang lain menunjukkan ibu negara duduk di tangga besar sebuah gedung yang penuh dengan persediaan, sementara suaminya yang mengenakan rompi berdiri berjaga di belakangnya.

Baca juga: 18 Personel Medis Ukraina Tewas dalam Invasi Rusia, Zelensky Tegaskan Pantang Menyerah

Gambar lebih lanjut menunjukkan Zelenska dalam gaun panjang di bawah mantel angkatan laut saat dia berdiri di depan sisa-sisa Antonov An-225 Mriya yang dibom, yang pernah menjadi pesawat terberat di dunia, dan semuanya diapit sepasang tentara bersenjata.

Foto bertema perang itu dibagikan di akun Instagram terverifikasi Vogue pada hari Selasa (26/7/2022), dengan keterangan yang berbunyi: "Di Ukraina, puluhan ribu wanita telah berada di garis depan, termasuk dalam pertempuran, dan peran Ibu Negara Olena Zelenska semakin berubah menuju diplomasi garis depan."

"Untuk cerita sampul digital khusus Vogue, Zelenska dan suaminya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berbicara tentang kehidupan di masa perang, pernikahan dan sejarah bersama mereka, dan impian untuk masa depan Ukraina," tulis Vogue.

Segera setelah gambar diunggah oleh tim di Vogue, sebuah perdebatan muncul di media sosial tentang apakah hal seperti itu pantas pada saat perang.

"Saya tidak berpikir itu langkah yang tepat ketika ada perang yang sebenarnya," komentar salah satu pencela. "Makan siang mewah di Gedung Putih, pemotretan Annie Leibovitz..."

Baca juga: Pelabuhan Odessa Diserang Usai Ekspor Gandum Ukraina Dibuka, Zelensky: Rusia Selalu Langgar Perjanjian

"Sepertinya ini bukan ide yang baik bagi mereka untuk berpose di majalah ketika orang-orang sekarat setiap hari di negara mereka," kata yang lain.

"Meromantisasi perang bukan Vogue," kata pembaca lain dalam komentar yang menerima ratusan suka di platform berbagi gambar.

Avi Yemini, kepala koresponden Australia untuk situs politik sayap kanan Rebel News, mengungkapkan sentimen serupa, dengan mencuit: "Saya menghormati Zelensky pada awal perang ketika kami dibanjiri foto-foto Presiden Ukraina di garis depan dengan perlengkapan taktis.

"Ternyata foto-foto itu palsu. Perbuatan seperti pria itu sendiri. Sekarang berpose untuk Vogue. Semua untuk menipu miliaran pembayar pajak barat."

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Rangkuman Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-148 | Zelensky Sebut Ukraina Bisa Hancurkan Rusia

Mayra Flores dari Partai Republik tidak kalah pedas dalam penilaiannya, menulis di platform micro-blogging: "Biden: Mari terus mengirim miliaran dollar bantuan asing ke Ukraina, mereka membutuhkannya!

"Kenyataan: Keluarga Zelensky menjalani pemotretan di sampul majalah Vogue."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com