Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi ke China, Jadi Pemimpin Pertama yang Bertemu Xi Jinping sejak Olimpiade Beijing 2022

Kompas.com - 26/07/2022, 09:06 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi ke China dan akan bertemu Presiden Xi Jinping pada Selasa (26/7/2022) sore waktu setempat.

Dari informasi yang dihimpun kantor berita ANTARA Beijing, Jokowi tiba di China pada Senin (25/7/2022) malam dan akan ditemui Xi Jinping di gedung tamu negara Diaoyutai di Distrik Haidian pada 26 Juli pukul 15.00 waktu setempat (14.00 WIB).

Selanjutnya, pada pukul 20.00 waktu setempat atau 19.00 WIB Jokowi bertolak dari Beijing untuk melakukan kunjungan kenegaraan ke Jepang dan Korea Selatan.

Baca juga: Jokowi Akan ke China, Jepang, dan Korea Selatan 26-28 Juli 2022

Jokowi adalah kepala negara atau kepala pemerintahan pertama di dunia yang diterima Xi Jinping sejak Olimpiade Musim Dingin di Beijing pada Februari 2022.

Dikutip dari Reuters, Xi Jinping saat Olimpiade Beijing bertemu dengan lebih dari 30 kepala negara kontestan ajang tersebut.

Saat Jokowi ke China, ia juga menjadi presiden pertama yang melakukan kunjungan kenegaraan ke "Negeri Panda" setelah beberapa wilayah di China daratan dilanda gelombang Covid-19 hingga lockdown beberapa bulan.

Pesawat Garuda Indonesia (GIA-1) yang ditumpangi Presiden Indonesia Joko Widodo dan rombongan mendarat di Bandara Internasional Beijing (BCIA) pada Senin (25/7/2022) malam waktu setempat. Jokowi ke China pada 25-26 Juli 2022 atas undangan Presiden Xi Jinping.ANTARA Pesawat Garuda Indonesia (GIA-1) yang ditumpangi Presiden Indonesia Joko Widodo dan rombongan mendarat di Bandara Internasional Beijing (BCIA) pada Senin (25/7/2022) malam waktu setempat. Jokowi ke China pada 25-26 Juli 2022 atas undangan Presiden Xi Jinping.
"Memang ini kunjungan tingkat tinggi pertama yang kami terima setelah Olimpiade Musim Dingin. Saya ingin katakan bahwa kami telah mendapatkan pengalaman yang berharga selama Olimpiade," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian di Beijing pada Senin (25/7/2022), dikutip dari ANTARA.

"Saya yakin kunjungan ini akan berlangsung dengan lancar dan berhasil," lanjut Zhao sambil meminta awak media bersabar menunggu hasil Jokowi bertemu Xi Jinping.

Baca juga:

Atas undangan Xi Jinping, Jokowi melakukan kunjungan kenegaraan ke China dan dilaksanakan melalui mekanisme loop tertutup di Diaoyutai. Jokowi juga akan bertemu Perdana Menteri China Li Keqiang.

ANTARA melaporkan, bendera Indonesia bersama bendera China berkibar di depan Museum Istana Kota Terlarang Beijing sejak Senin (25/7/2022) sore.

Baca juga: Mengenal Sistem Bubble di Olimpiade Beijing: Apa Itu Loop Tertutup dan Seperti Apa Kehidupannya?

Jokowi ke China dengan membawa topik bahasan peningkatan hubungan dagang dan investasi kedua negara, serta presidensi Indonesia di G20.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com