Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemakaman Kenegaraan Mantan PM Jepang Shinzo Abe Digelar 27 September 2022

Kompas.com - 22/07/2022, 19:03 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

TOKYO, KOMPAS.com - Upacara pemakaman kenegaraan untuk mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan digelar pada 27 September 2022 dan bakal dihadiri para pemimpin asing, kata pemerintah "Negeri Sakura" pada Jumat (22/7/2022).

Pemakaman kenegaraan Shinzo Abe akan diadakan di Nippon Budokan Tokyo, lokasi yang biasa dipakai untuk menggelar konser dan acara olahraga besar.

Nippon Budoka Tokyo kali terakhir digunakan untuk pemakaman kenegaraan adalah pada 1967 untuk mantan Perdana Menteri Shigeru Yoshida.

Baca juga: 2,5 Detik Krusial dalam Pembunuhan Mantan PM Jepang Shinzo Abe…

Juru bicara Pemerintah Jepang Hirokazu Matsuno mengatakan, rekor Shinzo Abe sebagai perdana menteri Jepang terlama, pencapaian baiknya, serta hubungannya dengan para pemimpin asing membuatnya layak mendapat pemakaman kenegaraan.

"Kami juga akan menerima para pejabat asing, dan negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan kami akan diinformasikan secara rinci," tambahnya dikutip dari kantor berita AFP.

Shinzo Abe sebagai mantan PM Jepang ditembak saat berpidato dalam kampanye di kota Nara pada 8 Juli.

Tetsuya Yamagami pelaku penembakan mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe di kota Nara, Jumat (8/7/2022). Mantan PM Jepang ditembak dan tewas saat berpidato dalam acara kampanye.TWITTER @nhk_news Tetsuya Yamagami pelaku penembakan mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe di kota Nara, Jumat (8/7/2022). Mantan PM Jepang ditembak dan tewas saat berpidato dalam acara kampanye.
Penembak Shinzo Abe adalah Tetsuya Yamagami, yang langsung ditangkap di lokasi kejadian dan dilaporkan menargetkan Abe karena yakin mantan PM Jepang itu terkait dengan Gereja Unifikasi.

Ibu Tetsuya Yamagami dilaporkan menyumbangkan sejumlah besar uang ke gereja, dan putranya menyalahkan keputusan itu sebagai penyebab krisis finansial keluarga.

Baca juga:

Tak lama setelah Shinzo Abe meninggal, acara pemakaman pribadi diadakan di kuil di Tokyo. Ribuan orang berkumpul untuk meletakkan bunga dan memberi penghormatan terakhir.

Rencana pemakaman kenegaraan Shinzo Abe mendapat beberapa penolakan, salah satunya dari partai oposisi yang mempertanyakan pengeluaran uang rakyat untuk acara pemimpin politik.

Sekelompok aktivis juga meminta pengadilan Tokyo menghentikan pemakaman kenegaraan Shinzo Abe, tetapi Pemerintah Jepang merasa upacara itu bukan termasuk agenda politik.

Baca juga: Terungkap Jumlah Uang yang Disumbang Ibu Penembak Shinzo Abe ke Gereja Unifikasi

Sementara itu, Matsuno mengatakan bahwa anggaran pemakaman kenegaraan mantan PM Jepang Shinzo Abe masih dipelajari. Acaranya akan sederhana dan khusyuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com