Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shinzo Abe: Melihat Kembali Warisan Perdana Menteri Terlama Jepang

Kompas.com - 09/07/2022, 07:15 WIB
BBC News Indonesia,
Danur Lambang Pristiandaru

Tim Redaksi

TOKYO, KOMPAS.com - Shinzo Abe, perdana menteri dengan masa jabatan terlama di Jepang, dikenal karena kebijakan politik luar negerinya yang tegas dan strategi ekonomi khas - yang populer dengan sebutan "Abenomics".

Abe (67) yang banyak dideskripsikan sebagai nasionalis konservatif, memimpin Partai Demokrat Liberal (LDP) menuju kemenangan sebanyak dua kali.

Masa jabatan pertamanya sebagai perdana menteri terbilang singkat - hanya setahun mulai 2006 - dan kontroversial.

Baca juga: Tetsuya Yamagami Pelaku Penembakan Shinzo Abe, Ini Senjata dan Motifnya Tembak Mantan PM Jepang

Namun pada 2012, Abe menjadi kejutan politik ketika ia menjabat untuk kedua kali, dan berkuasa hingga 2020 ketika menyampaikan pengunduran diri karena alasan kesehatan.

Jepang tengah mengalami resesi ketika ia memulai masa jabatan keduanya, dan kebijakan ekonomi yang diambilnya - dibangun pada pelonggaran moneter, stimulus fiskal, dan reformasi struktural - dipuji mampu menumbuhkan kembali perekonomian yang saat itu sedang goyah.

Dia juga menangani pemulihan kembali Jepang setelah diserang gempa bumi besar dan tsunami yang menghantam Tohoku pada 2011, yang menewaskan nyaris 20.000 orang dan mengakibatkan hancurnya reaktor-reaktor nuklir di PLTN Fukushima.

Abe turun dari jabatannya pada 2020 setelah berpekan-pekan spekulasi bahwa penyakit radang usus besarnya kambuh lagi. Penyakit ini juga yang membuatnya mengundurkan diri pada 2007.

Setelah kemundurannya, Abe digantikan oleh orang dekatnya di partai, Yoshihide Suga, namun ia tetap menjadi figur politik yang kuat di Jepang.

Baca juga: Mantan PM Jepang Tewas Ditembak, Pelaku Mengaku Dendam dengan Shinzo Abe

Naik ke tampuk kekuasaan

Profil singkat Shinzo Abe.BBC INDONESIA Profil singkat Shinzo Abe.

Sebagai putra mantan menteri luar negeri Shintaro Abe dan cucu dari mantan perdana menteri Nobusuke Kishi, Abe lahir dari keluarga politisi.

Dia pertama kali terpilih sebagai anggota parlemen pada 1993, dan pada 2005 menjadi anggota kabinet saat perdana menteri waktu itu, Junichiro Koizumi, menunjuknya secara langsung untuk mengisi posisi penting sebagai kepala sekretaris kabinet.

Sejak itu, karier politik Abe meningkat dengan pesat dan ia dinobatkan sebagai perdana menteri Jepang termuda pascaperang pada 2006.

Namun berbagai skandal - termasuk hilangnya data pensiun pegawai pemerintah, yang membuat sekitar 50 juta klaim terdampak - memukul pemerintahannya dengan keras.

Shinzo Abe berasal dari keluarga politisi. Foto ini diambil setelah ia terpilih untuk pertama kalinya sebagai perdana menteri pada 2006.GETTY IMAGES via BBC INDONESIA Shinzo Abe berasal dari keluarga politisi. Foto ini diambil setelah ia terpilih untuk pertama kalinya sebagai perdana menteri pada 2006.

Baca juga: Shinzo Abe Tewas Ditembak, PM Jepang Fumio Kishida Emosional dan Kehabisan Kata-kata

Partainya, LDP, mengalami kekalahan besar dalam pemilu majelis tinggi pada Juli 2007, dan pada September tahun yang sama dia mengundurkan diri dari jabatan karena penyakit radang usus.

Namun pada 2012, Abe kembali menjabat sebagai perdana menteri. Dia mengaku bahwa ia telah sembuh dari penyakitnya dengan serangkaian pengobatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com