Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambil Dorong Gerobak, Pria Ini Jalan Kaki dari Inggris ke Mekkah untuk Berhaji

Kompas.com - 06/07/2022, 15:01 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Arab News

JEDDAH, KOMPAS.com – Seorang pria asal Inggris bernama Adam Mohammed (52) berhasil memenuhi mimpinya pergi ke Makkah, Arab Saudi, untuk menunaikan ibadah haji dengan berjalan kaki.

Rute yang dia lalui untuk mencapai Makkah dengan berjalan kaki adalah melalui Belanda, Jerman, Republik Ceko, Hongaria, Romania, Bulgaria, Turki, Lebanon, Suriah, dan Yordania.

Dilansir Arab News, Selasa (5/7/2022), Mohammed menempuh jarak hampir 6.500 kilometer selama 11 bulan dan 26 hari. Dia tiba Masjid Aisyah di Makkah pada 26 Juni.

Baca juga: Arab Saudi Rawat 43.000 Jemaah Haji 2022, Termasuk Lakukan Operasi Jantung

Rata-rata, Mohammed berjalan kaki sejauh 17,8 Kilometer (Km) dalam sehari.

“Saya sangat senang menyelesaikan perjalanan saya dan saya diliputi oleh sambutan yang luar biasa, kemurahan hati, dan cinta dari orang-orang Arab Saudi dan bangsa lainnya. Saya sangat ingin menunaikan haji karena haji adalah impian terbesar saya,” kata Mohammed.

Mohammed tak lupa mengucapkan syukur kepada Tuhan karena bisa menunaikan ibadah haji tahun ini.

“Ini bukan perjalanan yang mudah bagi saya, tetapi saya harus mengorbankan segalanya demi Allah dan kemanusiaan,” ujar Mohammed.

Baca juga: Haji 2022: 1 Juta Jemaah Datangi Tanah Suci Mekkah, Terbanyak Selama Pandemi Covid

Mohammed menceritakan, keinginannya berjalan kaki ke Makkah untuk menunaikan ibadah haji bermula daat lockdown karena Covid-19 di kotanya pada 2021.

“Saya disibukkan dengan membaca Al-Qur’an sejak pembatasan pandemi virus corona. Tiba-tiba, suatu hari, saya terbangun dan sesuatu dalam diri saya menyuruh saya pergi ke Makkah dengan berjalan kaki dari rumah saya. Saya tidak bisa mengabaikan suara ini dan memutuskan untuk melakukannya,” lanjut Mohammed.

Hanya butuh dua bulan baginya untuk mempersiapkan perjalanan dengan bantuan dari sejumlah organisasi di Inggris dan sumbangan dari rekan senegaranya.

Mohammed, yang berkebangsaan Irak-Kurdi, memulai perjalanannya pada 1 Agustus 2021 dari rumahnya di Wolverhampton.

Baca juga: Suhu Maksimum Arab Saudi Saat Musim Haji 2022 Lebih Panas dari Indonesia

Tak hanya berjalan kaki, Mohammed juga mendorong gerobak dengan berat hingga 250 Kilogram (Kg) yang berisi barang-barang pribadinya.

“Sebenarnya, saya membangunnya sendiri. Di situlah saya makan, tidur, dan memasak selama perjalanan,” tutur Mohammed.

Dia mengatakan kepada Arab News bahwa, kecuali cuaca dan perjalanan, dia tidak menghadapi tantangan lain dalam perjalanannya ke Makkah.

“Tidak ada kesulitan besar, kecuali beberapa pemberhentian oleh otoritas kepolisian di beberapa negara untuk menanyakan keberadaan saya di tanah mereka. Tetapi mereka terkejut ketika mengetahui tentang perjalanan unik saya,” tukas Mohammed.

Baca juga: Haji 2022: Puluhan Calon Jemaah Indonesia di Swiss Gagal Berangkat akibat Sistem Baru

Selama perjalanan, Mohammed juga mengaku dibantu oleh banyak orang di jalan. Ada yang membantu mendorong gerobaknya, ada pula yang menawarkan makanan dan tempat untuk beristirahat.

Dia mendokumentasikan dan menyiarkan langsung pengalamannya melalui salurannya di YouTube, Instagram, dan TikTok, sambil menggunakan platformnya untuk menyebarkan pesan perdamaian dan kesetaraan.

Mohammed menegaskan bahwa perjalanannya bukan untuk mencari ketenaran tetapi untuk keagamaan.

Baca juga: Memasuki Musim Haji, Arab Saudi Setop Terbitkan Izin Umrah per 23 Juni

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Arab News

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com