Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2022, 17:31 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

HONG KONG, KOMPAS.com - Steven Ho (42) pejabat parlemen Hong Kong positif Covid-19 pada Minggu (3/7/2022) setelah melakukan foto bersama Presiden China Xi Jinping.

Xi Jinping ke Hong Kong dengan protokol keamanan ketat, untuk menghadiri perayaan 25 tahun penyerahan kota itu dari Inggris ke China.

Kunjungan ke Hong Kong adalah perjalanan pertama Xi Jinping keluar dari China daratan sejak pandemi Covid-19.

Baca juga: Xi Jinping Datang, Hong Kong Tegang

Steven Ho merupakan anggota DAB (partai pro-Beijing terbesar di Hong Kong) yang duduk di badan legislatif kota. Dia salah satu dari sekitar 100 pejabat yang diberikan izin berdekatan dengan Xi Jinping untuk sesi foto bersama pada Kamis (30/6/2022) sore.

Kantor berita AFP melaporkan, Steven Ho berdiri dua baris tepat di belakang Xi Jinping, menurut foto yang dirilis oleh pemerintah.

Ia dinyatakan negatif Covid saat hari pertama kunjungan Xi Jinping pada Kamis (30/6/2022), dan hasil tesnya belum diketahui pada Jumat (1/7/2022) sehingga tidak mengikuti acara apa pun hari itu.

"Sampel 1 Juli adalah satu dengan infektivitas sangat rendah dan dikategorikan 'tidak pasti', tetapi demi keamanan publik, saya tidak berpartisipasi dalam acara pada hari itu," tulis Ho di media sosialnya, dikutip dari AFP.

Polisi unit khusus Hong Kong melakukan pengamanan di distrik Wanchai pada Kamis (30/6/2022), jelang kedatangan Presiden China Xi Jinping ke Hong Kong untuk menghadiri peringatan ke-25 penyerahan Hong Kong dari Inggris ke China.AFP/PETER PARKS Polisi unit khusus Hong Kong melakukan pengamanan di distrik Wanchai pada Kamis (30/6/2022), jelang kedatangan Presiden China Xi Jinping ke Hong Kong untuk menghadiri peringatan ke-25 penyerahan Hong Kong dari Inggris ke China.
Steven Ho adalah anggota kedua partai DAB yang positif Covid sekitar waktu kunjungan Xi Jinping ke Hong Kong.

Sebelumnya, Tam Yiu-chung satu-satunya perwakilan Hong Kong untuk badan pembuat undang-undang utama Beijing dinyatakan positif Covid pada Kamis (30/6/2022) dan absen dari semua acara.

Baca juga:

China adalah satu-satunya negara perekonomian utama yang masih menerapkan kebijakan nol-Covid untuk menghilangkan wabah virus corona, dengan strategi lockdown cepat dan pengujian massal.

Hong Kong memberlakukan versi nol-Covid yang lebih ringan, tetapi tetap menerapkan pembatasan perjalanan dan akses keluar-masuknya dijaga sangat ketat selama pandemi.

Saat Xi Jinping ke Hong Kong, otoritas setempat mewajibkan semua orang di rombongannya masuk ke dalam loop tertutup. Oposisi politik dilarang datang.

Anggota rombongan dibatasi kontak sosialnya, wajib melakukan tes PCR setiap hari, dan menginap di hotel untuk karantina jelang kunjungan Xi Jinping.

Selama kunjungan Xi Jinping, sebagian Hong Kong ditutup, para pembangkang terkemuka diawasi ketat oleh polisi, dan beberapa jurnalis dilarang meliput acara resmi.

Polisi keamanan nasional melakukan sembilan penangkapan berdasarkan UU Keamanan Nasional seminggu sebelum Xi Jinping ke Hong Kong. Kemudian, dua penangkapan dilakukan pada Jumat (1/7/2022).

Baca juga: Mengenal Sistem Bubble di Olimpiade Beijing: Apa Itu Loop Tertutup dan Seperti Apa Kehidupannya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com