Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perang Ukraina Terkini: Rusia Hancurkan Pabrik Senjata di Kyiv dan 3 Pusat Pelatihan Militer

Kompas.com - 27/06/2022, 11:32 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com - Kabar dari perang Ukraina terkini, Rusia pada Minggu (26/6/2022) mengatakan bahwa pasukannya menghancurkan pabrik senjata di Kyiv dan tiga pusat pelatihan militer.

Ketiga pusat pelatihan militer itu terletak di utara dan barat Ukraina, termasuk satu di dekat perbatasan Polandia.

Serangan Rusia dalam perang Ukraina terkini tersebut terjadi hanya beberapa hari menjelang KTT G7 di Jerman pada Minggu (26/6/2022) dan KTT NATO di Madrid tanggal 28-30 Juni.

Baca juga: Setelah Kuasai Severodonetsk, Apa Target Serangan Rusia ke Ukraina Selanjutnya?

Bombardir dilakukan dengan senjata presisi tinggi dari pasukan kedirgantaraan Rusia dan rudal Kalibr, kata juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov dikutip dari AFP.

Target Rusia dalam perang Ukraina terkini salah satunya pelatihan militer pasukan Ukraina di distrik Starychi, wilayah Lviv, sekitar 30 kilometer dari perbatasan dengan Polandia negara anggota NATO.

Sebanyak dua pusat pelatihan lainnya yang dihancurkan Rusia berada di wilayah Zhytomyr (Ukraina tengah) dan Chernihiv (Ukraina utara).

Namun, Konashenkov tidak mengatakan kapan atau dari mana rudal itu ditembakkan.

Sebelumnya, Kyiv pada Sabtu (25/6/2022) mengatakan bahwa Rusia melakukan serangan dari negara tetangga Ukraina di utara yaitu Belarus. Moskwa belum mengomentari klaim tersebut.

Setelah serangan, beberapa brigade Ukraina "benar-benar kehilangan kemampuan tempur mereka," kata Konashenkov seraya menambahkan bahwa "rencana untuk menempatkan mereka di zona pertempuran digagalkan".

Baca juga:

Dalam foto selebaran ini oleh Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia yang dirilis pada hari Sabtu, 25 Juni 2022, beberapa peluncur roket militer Rusia menembakkan roket ke pasukan Ukraina di lokasi yang dirahasiakan. RDMPS via AP PHOTO Dalam foto selebaran ini oleh Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia yang dirilis pada hari Sabtu, 25 Juni 2022, beberapa peluncur roket militer Rusia menembakkan roket ke pasukan Ukraina di lokasi yang dirahasiakan.
Serangan itu menjadi pengingat bahwa Rusia dapat menyerang bagian mana pun dari Ukraina, bahkan meski sebagian besar operasinya sekarang berlangsung di timur dan selatan negara itu.

Serangan Rusia terjadi saat KTT G7 dibuka di Jerman pada hari Minggu, dan menjelang pertemuan NATO di Madrid dari 28 hingga 30 Juni.

Rusia hancurkan pabrik senjata Ukraina

Kabar selanjutnya dari perkembangan perang Ukraina terkini, Rusia pada Minggu (26/6/2022) juga menghancurkan pabrik senjata Artyom di Kyiv.

Pabrik Artyom adalah target sebagai infrastruktur militer, kata Kementerian Pertahanan Rusia, menambahkan lokasi itu sudah ditargetkan sejak April.

Sebuah rudal Rusia telah menghantam pabrik Artyom, katanya dikutip dari AFP.

Sementara itu dalam perang Ukraina terkini lainnya, Wali Kota Kyiv Vitaly Klitschko mengatakan, serangan Rusia di daerah dekat pusat ibu kota pada Minggu (26/6/2022) pagi menewaskan satu orang dan melukai enam orang, termasuk seorang anak perempuan berusia tujuh tahun.

Baca juga: Kenapa Ukraina Ingin Menjadi Anggota Uni Eropa dan Apa Syaratnya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com