Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biden Jatuh dari Sepeda, Ini Penyebab Kecelakaannya

Kompas.com - 19/06/2022, 18:35 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

REHOBOTH, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden jatuh saat mengendarai sepeda di Pantai Rehoboth, negara bagian Delaware, Sabtu (18/6/2022) pagi waktu setempat.

Biden jatuh saat bersepeda di pantai dekat rumahnya bersama istrinya, ibu negara Jill Biden, tetapi tidak terluka. Kecelakaan terjadi saat presiden berhenti untuk berbicara dengan warga.

Video dari wartawan Gedung Putih menunjukkan presiden berusia 79 tahun itu langsung berdiri setelah jatuh. Biden kemudian berkata, "Saya baik-baik saja."

Baca juga: Presiden AS Joe Biden Terjatuh dari Sepeda

Biden mengatakan kepada sekelompok kecil warga dan wartawan bahwa dia kehilangan keseimbangan ketika menarik kaki dari pedal sepeda.

Paspampres dan pers langsung mengerubungi Biden setelah jatuh, kata laporan Gedung Putih seraya menambahkan tidak ada luka gores atau memar yang terlihat dari sang presiden.

"Tidak diperlukan perawatan medis," kata seorang pejabat Gedung Putih dikutip dari AFP. "Presiden berharap bisa menghabiskan sisa hari ini bersama keluarganya."

Video yang diunggah wartawan Gedung Putih ke media sosial pada sore hari menunjukkan presiden ke-46 AS itu berusaha membuktikan kelincahannya.

Wartawan dan penonton berteriak ketika Biden meninggalkan kebaktian gereja. Mereka menanyakan apakah mantan wapres di era Barack Obama tersebut menderita luka akibat kecelakaannya.

Biden tidak menjawab tetapi mengambil tiga lompatan cepat dan mengangkat tinjunya sebagai bukti kekuatan.

Baca juga:

Sebagai presiden tertua AS, kesehatan Biden menjadi perhatian terus-menerus, terutama ketika spekulasi meningkat tentang apakah ia akan mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua pada pilpres 2024.

Pada November 2020, tak lama setelah terpilih tetapi belum menjabat, Biden patah kaki saat bermain dengan anjing peliharaannya.

Namun, setahun kemudian pada November 2021 dokternya memberi Biden keterangan sehat dan kuat.

Biden pada Sabtu (18/6/2022) menjawab beberapa pertanyaan dari wartawan, salah satunya proses mengambil keputusan tentang pelonggaran beberapa tarif impor era Trump untuk barang-barang China guna melunakkan tekanan inflasi.

Dia mengatakan, akan berbicara dengan Presiden China Xi Jinping segera.

Ketika ditanya apakah dia puas dengan kemajuan undang-undang senjata--setelah penembakan massal di Texas dan New York--Biden hanya mengatakan bahwa dia senang dengan tindakan negara bagian asalnya, Delaware, yang mengesahkan larangan senjata bergaya penyerangan.

Baca juga: Tanggapan Biden atas Insiden Penembakan Sekolah Dasar di Texas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com