Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Netizen Indonesia Beri Ulasan Buruk Sungai Aare di Google, Media Swiss: Sangat Tak Masuk Akal

Kompas.com - 29/05/2022, 16:55 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

BERN, KOMPAS.com - Warganet Indonesia ramai-ramai menyerbu ulasan Sungai Aare Swiss di Google Maps, dengan memberi bintang 1 dan komentar buruk karena Emmeril Khan Mumtadz (23) atau Eril anak Ridwan Kamil hilang terseret arus.

Fenomena ini pun turut diberitakan oleh beberapa media Swiss.

Salah satunya Blick, sebuah surat kabar harian Swiss berbahasa Jerman.

Baca juga: Anak Ridwan Kamil Hilang, Polisi Swiss Ungkap 2 Alasan Sulitnya Pencarian di Sungai Aare

Pada Sabtu (28/5/2022) malam, Blick menerbitkan artikel berjudul Massenhaft schlechte Google-Bewertungen für die Aare (Banyak ulasan buruk Google untuk Aare) di situs web mereka.

Dalam pemberitaan itu, Blick tak langsung menyoroti adanya komentar negatif dari netizen Indonesia tentang Sungai Aare di Google Maps.

Blick mulanya membeberkan informasi tentang kejadian hilangnya anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril (23) dan perkembangan proses pencariannya. Di mana, disebutkan bahwa hingga Sabtu atau dua hari setelah kejadian, jejak Eril belum ditemukan dan pencarian dilanjutkan.

Dijelaskan pula, air Sungai Aare saat ini dalam kondisi keruh dan arusnya memperburuk keadaan, dengan mengutip keterangan polisi Bern di Twitter.

Blick kemudian menjelaskan, hilangnya Putra Gubernur Jawa Barat di Sungai Aare itu kini tengah heboh di Indonesia dan menjadi salah satu topik yang ramai diperbincangkan di negara tersebut.

Setelah itu, Blick barulah menyoroti soal adanya penilaian negatif Sungai Aare di Google Maps oleh netizen Indonesia.

Dalam sub judul Rating Bintang 1 dan Komentar Negatif di Google, Blick menulis bahwa sangat tidak masuk akal banyak pengguna internet Indonesia kini juga mulai menilai Sungai Aare di Google Maps dengan bintang 1.

Disebutkan beberapa alasan netizen Indonesia yang melakukan hal tersebut, di antaranya yakni sungai itu "terlalu tidak aman", Mumtadz "masih belum ditemukan", atau hanya "sungai yang buruk".

Baca juga: Anak Ridwan Kamil Hilang, Polisi Swiss: Orang Asing Sering Tenggelam di Sungai Aare

Beberapa komentar juga berbicara tentang apa yang disebut "Penunggu", yaitu roh dari suatu tempat yang mencari orang hilang di sungai.

Tapi, Blick menulis, ada juga suara lain di ulasan Google.

Di mana, ada mengatakan bahwa tidak ada yang dapat dimintai pertanggungjawaban atas insiden tersebut dan oleh karena itu tidak pantas untuk menilai Sungai Aare hanya dengan bintang 1.

Poster hilangnya Emmeril Khan Mumtadz (23) atau Eril, anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, saat berenang di Sungai Aare, kota Schonausteg, provinsi Bern, Swiss, Kamis (26/5/2022).KBRI BERN via 20 MINUTEN Poster hilangnya Emmeril Khan Mumtadz (23) atau Eril, anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, saat berenang di Sungai Aare, kota Schonausteg, provinsi Bern, Swiss, Kamis (26/5/2022).

Media Swiss lainnya, 20 minuten, juga memberitakan soal ini. Pada Sabtu kemarin, media tersebut menerbitakan artikel berjudul Gouverneur-Sohn vermisst – Aare wird mit Ein-Stern-Bewertungen geflutet (Putra Gubernur hilang-Aare dibanjiri rating bintang 1) di situs web mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com