Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Negara Tawarkan Bantuan Senjata Baru untuk Ukraina

Kompas.com - 24/05/2022, 10:29 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, mengumumkan sekitar 20 negara telah menawarkan paket bantuan keamanan baru bagi Ukraina untuk memerangi invasi pasukan Rusia. Hal ini mengemuka dalam pertemuan sekutu yang diadakan pada Senin (23/5/2022).

Dalam pertemuan kedua mereka, hampir 48 negara dan organisasi yang membentuk Grup Kontak Pertahanan Ukraina bertemu secara online untuk membahas upaya membantu Ukraina.

Dari sini, sebanyak 20 negara menjanjikan senjata, amunisi, dan pasokan lainnya untuk mendukung Ukraina.

Baca juga: Rusia Tak Yakin Perlu Melanjutkan Hubungan dengan Barat, Prioritaskan China

Kelompok itu diberi pengarahan oleh Menteri Pertahanan Ukraina Oleksiy Reznikov tentang situasi perang yang telah berlangsung selama tiga bulan.

Di mana, disampaikan bahwa Ukraina dan Rusia bertempur di garis depan atas wilayah yang telah direbut Rusia di timur dan selatan Ukraina.

"Hari ini, bersama dengan Menteri Reznikov dan timnya, kami memperoleh pemahaman yang lebih tajam dan sama tentang persyaratan prioritas Ukraina dan situasi di medan perang," kata Austin, dilansir dari AFP.

“Banyak negara menyumbangkan amunisi artileri yang sangat dibutuhkan, sistem pertahanan pantai, tank, serta kendaraan lapis baja lainnya,” ungkap dia.

Yang lain, tambahnya, menawarkan pelatihan untuk militer Ukraina.

Dia mengatakan bahwa Denmark berkomitmen untuk mengirim sistem rudal anti-kapal Harpoon, dan Republik Ceko menawarkan helikopter serang, tank, dan sistem roket.

Harpoon adalah rudal jelajah yang dapat meluncur di permukaan laut untuk menargetkan kapal sejauh 187 mil (300 kilometer) lepas pantai, tergantung jenisnya.

Baca juga: Zelensky Hanya Mau Bertemu Putin untuk Akhiri Perang Rusia Ukraina

Biasanya Harpoon dipasang di atas kapal atau pesawat, tetapi Denmark adalah satu-satunya negara yang memperoleh sistem berbasis darat untuk perlindungan pantai.

Selain itu, Denmark akan menambah lapisan perlindungan ke pelabuhan Laut Hitam Ukraina di Odessa, yang diyakini berada di bawah ancaman invasi Rusia dari laut.

Denmark juga berpotensi mencapai pelabuhan Sevastopol, tempat beberapa armada Laut Hitam Rusia bermarkas.

Roket jarak jauh

Austin tidak akan memberikan perincian tentang apa yang termasuk dalam paket bantuan baru AS senilai 40 miliar dollar AS untuk Ukraina, di tengah spekulasi bahwa itu dapat mencakup roket jarak jauh presisi tinggi yang dapat digunakan untuk menghantam wilayah Rusia.

Ukraina telah meminta Amerika Serikat untuk baterai seluler roket jarak jauh, M270 MLRS dan M142 Himars.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com