Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Terkini: Rusia Serbu Kota Sievierodonetsk, tetapi Gagal dan Mundur

Kompas.com - 23/05/2022, 18:29 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber Reuters

KYIV, KOMPAS.com - Ukraina mengatakan pada Senin (23/5/2022), bahwa pihaknya telah menahan serangan terbaru di Kota Sievierodonetsk yang telah menjadi target utama serangan Moskwa sejak pasukan Rusia akhirnya merebut Kota Mariupol pekan lalu.

Kantor Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, mengungkap pasukan Rusia telah mencoba menyerbu Sievierodonetsk, tetapi tidak berhasil dan mundur.

Kota yang berada di tepi sungai Siverskiy Donets yang berliku melalui Ukraina timur itu, telah menjadi target utama Rusia dalam beberapa hari terakhir ketika Moskwa mencoba untuk mengepung pasukan Ukraina di timur dan sepenuhnya merebut provinsi Luhansk dan Donetsk.

Baca juga: Sempat Hengkang dari Rusia, Bisnis-bisnis Barat Kembali dengan Nama Baru

Sementara itu, di Kota Mariupol, di mana ratusan pejuang Ukraina akhirnya meletakkan senjata mereka minggu lalu setelah pengepungan hampir tiga bulan, tim pembersih ranjau Rusia sedang menyisir reruntuhan pabrik baja Azovstal.

Sebuah buldoser lapis baja besar yang dicat dengan huruf putih "Z", yang telah menjadi simbol serangan Rusia, mendorong puing-puing ke samping ketika sekelompok kecil tentara mencari jalan mereka melalui reruntuhan dengan detektor logam.

“Tugasnya sangat besar. Musuh menanam ranjau darat mereka sendiri, kami juga telah menanam ranjau anti-personil sambil memblokir musuh. Jadi, kami punya pekerjaan sekitar dua minggu di depan kami,” kata seorang tentara Rusia, dilansir dari Reuters.

"Saat ini, selama dua hari terakhir, lebih dari seratus bahan peledak telah dihancurkan. Pekerjaan berlanjut," tambah tentara itu.

Baca juga: Rusia Klaim Menang di Mariupol Ukraina, Bagaimana Nasib Tahanan Perang?

Kondisi di Mariupol

Dalam foto yang diambil dari video ini yang dirilis oleh Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Selasa, 17 Mei 2022, prajurit Ukraina membawa kawan yang terluka saat mereka dievakuasi dari pabrik baja Azovstal yang dikepung di Mariupol, Ukraina. RDMPS via AP PHOTO Dalam foto yang diambil dari video ini yang dirilis oleh Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Selasa, 17 Mei 2022, prajurit Ukraina membawa kawan yang terluka saat mereka dievakuasi dari pabrik baja Azovstal yang dikepung di Mariupol, Ukraina.

Seorang pembantu Wali Kota Mariupol, Petro Andryushchenko, mengatakan penduduk yang tersisa di kotanya sekarang dalam bahaya penyakit karena selokan meluap di tengah reruntuhan.

Ukraina meyakini puluhan ribu orang tewas dalam pengepungan pasukan Rusia di kota berpenduduk lebih dari 400.000 orang itu.

"Mariupol membutuhkan evakuasi penduduk lagi karena meningkatnya ancaman epidemi," tulis dia di Telegram. 

Sementara itu, sirene serangan udara terdengar meraung di berbagai tempat di Ukraina pada Senin pagi, membunyikan alarm harian menjelang serangan yang diantisipasi oleh pasukan Rusia di timur dan selatan negara itu, tiga bulan setelah invasi Rusia pada 24 Februari untuk "mendenazifikasi" negara itu.

Baca juga: Puluhan Ahli Bahan Peledak Suriah Disebut Bantu Rusia Siapkan Serangan ke Ukraina

Rusia telah memfokuskan "operasi militer khusus" di timur sejak pasukannya diusir dari daerah sekitar ibu kota Kyiv dan utara negara itu pada akhir Maret.

Sejak bulan lalu, Moskwa mengatakan upaya utamanya adalah merebut semua provinsi Donetsk dan Luhansk, bersama-sama dikenal sebagai Donbass, yang diklaim Rusia atas nama separatis.

Meskipun mengerahkan pasukannya ke daerah-daerah itu dan meluncurkan pemboman artileri besar-besaran, Rusia hanya memperoleh sedikit keuntungan teritorial di sana, sementara terus kehilangan wilayah dalam serangan balik Ukraina lebih jauh ke utara di sekitar Kharkiv.

Tapi penguasaan penuh Mariupol minggu lalu memberi Rusia kemenangan terbesarnya selama berbulan-bulan.

Pasukannya sekarang mengendalikan sebagian besar wilayah timur dan selatan yang tak terputus, membebaskan lebih banyak pasukan untuk bergabung dengan pertarungan utama Donbass.

Baca juga: Ukraina Terkini: Wali Kota di Enerhodar yang Ditunjuk Rusia Jadi Korban Ledakan

Dalam beberapa hari terakhir Rusia telah meluncurkan serangkaian serangan untuk merebut Sievierodonetsk, sebuah kota yang membentuk bagian paling timur dari kantong Donbass yang dikuasai Ukraina, dan salah satu bagian terakhir dari provinsi Luhansk yang masih berada di luar cengkeramannya.

Gubernur Luhansk Serhiy Gaidai mengatakan Rusia berusaha maju di provinsi itu dari tiga arah, untuk menyerbu Sievierodonetsk, memotong jalan raya di selatannya dan menyeberangi sungai lebih jauh ke barat di Bilohorivka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com