Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyaris 2 Juta Orang Alami Gejala Demam di Korea Utara, Baru 700 Ribu Terkonfirmasi Covid

Kompas.com - 19/05/2022, 08:59 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber AP

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Utara pada Kamis (19/5/2022) melaporkan 262.270 lebih banyak kasus orang dengan dugaan gejala Covid-19, membuat beban kasus pandemi mendekati 2 juta kasus.

Kondisi itu terjadi seminggu setelah pengakuan kasus wabah Covid-19 untuk pertama kalinya, yang membuat pemerintah bergegas memperlambat laju infeksi dalam kekurangan sumber daya perawatan kesehatan.

Baca juga: Korea Utara Siap “Sambut” Kunjungan Biden ke Asia dengan Uji Coba Nuklir dan Rudal

Negara ini juga berusaha mencegah ekonominya yang rapuh memburuk.

Wabah diperkirakan bisa lebih buruk daripada yang dilaporkan secara resmi, karena sumber daya yang langka untuk pengujian virus.

Korea Utara kemungkinan juga dapat dengan sengaja tidak melaporkan kematian untuk melunakkan dampak politik pada pemimpin otoriter Kim Jong Un.

Markas besar anti-virus Korea Utara melaporkan satu kematian dalam 24 jam hingga 6 sore pada Rabu (18/5/2022), menjadikan jumlah kematiannya menjadi 63 orang.

Para ahli menilai angka itu sangat kecil dibandingkan dengan jumlah yang diduga terinfeksi.

Kantor KCNA melaporkan bahwa lebih dari 1,98 juta orang telah menjadi sakit dengan gejala demam sejak akhir April, yang sebagian besar diyakini sebagai infeksi varian virus corona.

Akan tetapi, negara tersebut hanya mengonfirmasi sejumlah kecil kasus infeksi karena kelangkaan alat tes Covid-19. Setidaknya 740.160 orang dikarantina, kantor berita negara itu melaporkan.

Setelah mempertahankan klaim yang meragukan bahwa mereka telah menjauhkan virus dari negara itu selama dua setengah tahun, Korea Utara mengakui infeksi Covid-19 pertamanya Kamis lalu (12/5/2022).

Seorang karyawan Kantor Manajemen Obat Distrik Daesong di Pyongyang memberikan obat kepada seorang penduduk saat negara meningkatkan langkah-langkah untuk menghentikan penyebaran penyakit di Pyongyang, Korea Utara, Senin, 16 Mei 2022. AP PHOTO/JON CHOL JIN Seorang karyawan Kantor Manajemen Obat Distrik Daesong di Pyongyang memberikan obat kepada seorang penduduk saat negara meningkatkan langkah-langkah untuk menghentikan penyebaran penyakit di Pyongyang, Korea Utara, Senin, 16 Mei 2022.

Baca juga: Para Ahli Sebut Korea Utara Berada di Ambang Bencana Covid-19

Pyongyang mengatakan tes dari sejumlah orang yang tidak ditentukan di ibu kota menunjukkan bahwa mereka terinfeksi dengan varian omicron.

Kim menyebut wabah itu sebagai “pergolakan besar”, dan telah memberlakukan apa yang digambarkannya sebagai tindakan pencegahan maksimum. Ini secara ketat membatasi pergerakan orang dan pasokan antar kota dan wilayah.

Lebih dari 1 juta pekerja dimobilisasi untuk menemukan dan mengkarantina orang-orang yang menderita demam dan gejala lain yang diduga Covid-19. Ribuan pasukan diperintahkan untuk membantu mengangkut obat-obatan di ibu kota dari Pyongyang.

Gambar-gambar media pemerintah menunjukkan petugas kesehatan dengan pakaian hazmat putih dan oranye menjaga jalan-jalan kota yang tertutup, mendisinfeksi bangunan dan jalan-jalan dan mengirimkan makanan dan persediaan lainnya ke blok-blok apartemen.

Tetapi kelompok besar pekerja terus berkumpul di pertanian, fasilitas pertambangan, pembangkit listrik dan lokasi konstruksi untuk memacu produksi karena Kim menuntut tujuan ekonomi harus dipenuhi, menurut laporan KCNA.

Dalam foto yang disediakan oleh pemerintah Korea Utara, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, tengah, mengunjungi apotek di Pyongyang, Korea Utara Minggu, 15 Mei 2022.KCNA via KNS/AP PHOTO Dalam foto yang disediakan oleh pemerintah Korea Utara, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, tengah, mengunjungi apotek di Pyongyang, Korea Utara Minggu, 15 Mei 2022.

Baca juga: WHO: Wabah Covid-19 di Korea Utara Ciptakan Risiko Kemunculan Varian Baru

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com