Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Dinas Menteri Chile Dirampok, Mobil Kepresidenan Raib

Kompas.com - 15/05/2022, 17:29 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

SANTIAGO, KOMPAS.com - Rumah Menteri Pertahanan Chile Maya Fernandez dirampok oleh maling yang memukuli putranya dan mengancam suaminya, kata pihak berwenang pada Sabtu (14/5/2022).

Fernandez yang merupakan cucu mantan pemimpin Sosialis Salvador Allende, tidak berada di rumah pada saat perampokan terjadi pada Jumat (13/5/2022) malam di kawasan Nunoa, Santiago.

Seorang pengawal di tim keamanan Presiden Gabriel Boric juga ditembak di lengan oleh penyerang yang mencuri kendaraan kepresidenan.

Baca juga: Marak Pencurian Gaya Flash Mob di AS, Maling Ramai-ramai Jarah Toko Mewah

"Ada perampokan di properti menteri pertahanan," kata Jenderal Jean Camus kepala polisi distrik pada Sabtu dikutip dari AFP. "Orang tak dikenal mencuri uang tunai dan kendaraan."

Pada malam yang sama, pengawal presiden yaitu sersan di Carabineros atau polisi nasional dirampok dan ditembak ketika sekelompok pria mendekatinya saat dia duduk di mobil dinas.

Penembakan itu terjadi di kawasan San Miguel di Santiago selatan ketika pria itu mengendarai mobil kembali ke istana presiden.

Polisi mengatakan, para penyerang membawanya ke sebuah kota di utara Santiago, menembaknya dan meninggalkannya di jalan sebelum melarikan diri dengan kendaraan.

Hingga saat ini belum ada informasi tentang kondisinya.

Para pejabat Chili menyerukan untuk melipatgandakan upaya mengendalikan kejahatan dan meningkatkan keamanan.

"Kami telah mengambil tindakan nyata untuk mengejar kejahatan terorganisir," kata Wakil Menteri Dalam Negeri Chile Manuel Monsalve.

Menyalahkan penjahat terorganisir atas lonjakan pelanggaran hukum, pihak berwenang menjanjikan kerja sama yang lebih besar antara polisi Carabineros yang dimiliterisasi dan rekan-rekan sipil mereka.

Baca juga: Maling di Australia Curi Sepeda Motor Pakai Traktor Sawah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com