Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Rusia Pertama Diadili di Ukraina atas Tuduhan Kejahatan Perang

Kompas.com - 14/05/2022, 14:23 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Guardian

KYIV, KOMPAS.com - Seorang tentara Rusia muncul di pengadilan dengan tuduhan membunuh seorang pria tak bersenjata di atas sepeda, pada awal pengadilan kejahatan perang pertama di Ukraina sejak Vladimir Putin menginvasi negara itu.

Vadim Shysimarin, seorang komandan divisi tank Kantemirovskaya, tiba di pengadilan distrik kecil No.3 di Kyiv untuk sidang pendahuluan, dengan pakaian olahraga abu-abu dan biru dan tangan yang borgol.

Baca juga: Ukraina Terkini: Barisan Kendaraan Lapis Baja Rusia Hancur Saat Seberangi Sungai Donbass

Pria berusia 21 tahun itu didakwa dengan pembunuhan berencana terhadap seorang pria berusia 62 tahun, yang tidak disebutkan namanya di pengadilan.

Shysimarin ditahan di tahanan Ukraina. Kasus ini dijadwalkan akan dilanjutkan pada Rabu (18/5/2022).

Pengacara Shysimarin mengatakan kliennya telah mengaku membunuh korban, tetapi belum membahas apakah akan mengaku bersalah.

Terdakwa, yang dibantu oleh seorang penerjemah Rusia untuk mengikuti sidang, berbicara singkat untuk mengonfirmasi namanya dan bahwa dia memahami tuduhan terhadapnya.

"Ya, saya mengerti," katanya sebagaimana dilansir Guardian pada Jumat (13/5/2022).

Shysimarin diduga bertempur di wilayah Sumy di timur laut Ukraina, ketika dia membunuh seorang warga sipil pada 28 Februari di desa Chupakhivka.

Baca juga: Kali Pertama Sejak Invasi di Ukraina, Menhan AS Berbicara dengan Menhan Rusia

Dia dituduh menembaki sebuah mobil setelah konvoi kendaraan militernya diserang oleh pasukan Ukraina. Dia kemudian mengemudikan mobil itu bersama empat tentara lainnya saat dia berusaha melarikan diri.

Shysimarin, yang berasal dari kota Ust Illyinsk, di wilayah Irkutsk, Rusia tenggara, menembak mati pria tak bersenjata, yang sedang bersepeda dan berbicara di telepon, setelah diperintahkan “untuk membunuh seorang warga sipil agar dia tidak melaporkan mereka ke pembela Ukraina”, menurut jaksa.

Kejahatan itu dikatakan terjadi "puluhan meter" dari rumah korban dan dilakukan dengan menggunakan senapan AK-74.

Pengadilan tersebut merupakan kemenangan propaganda lain bagi Kyiv, dan terjadi saat jumlah kejahatan yang dicatat oleh jaksa umum Ukraina melampaui 11.200.

UNICEF melaporkan bahwa setidaknya 100 anak tewas dalam perang pada April saja.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, mengatakan dalam pidato Kamis (12/5/2022) malamnya kepada bangsa itu bahwa pasukan Rusia telah menghancurkan 570 fasilitas kesehatan di negara itu, termasuk 101 rumah sakit.

"Untuk apa? Ini omong kosong. Itu kebiadaban," katanya.

Baca juga: Jokowi: Hentikan Perang di Ukraina Sekarang Juga!

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com