Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pasang Pengantin Nyaris Saling Bertukar Pasangan di Hari Pernikahan karena Pemadaman Listrik Bergilir

Kompas.com - 12/05/2022, 20:15 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Newsweek

UJJAIN, KOMPAS.com - Pemadaman listrik di Ujjain, Madhya Pradesh, India, hampir menyebabkan dua pasang pengantin saling bertukar pasangan, menurut beberapa laporan.

Kekacauan ini terjadi tak lama setelah dua saudara perempuan dan pengantin pria masing-masing tiba di tempat pernikahan di Ujjain untuk upacara pernikahan bersama mereka, menurut Times Now News dilansir dari Newsweek pada Rabu (11/5/2022).

Baca juga: Pengantin Wanita Ditembak Mati Mantan Pacar saat Menikah

Menurut laporan BBC, kekurangan batu bara telah menyebabkan pemadaman listrik yang meluas dan pemadaman listrik di seluruh India.

Sebuah survei mencatat lebih dari 21.000 orang di 322 distrik telah melaporkan mengalami pemadaman listrik "dua jam atau lebih setiap hari” sejak awal April.

Pemadaman itu "merugikan kegiatan ekonomi," kata NBC, dan kementerian perkeretaapian negara itu terpaksa membatalkan ratusan perjalanan kereta api.

Pemadaman listrik Kamis (5/5/2022) di Ujjain nyata tidak menghalangi niat dua pasang mempelai untuk tetap menggelar upacara pernikahan, meskipun tempat pernikahan mereka menjadi gelap.

Namun dalam kegelapan yang membingungkan bagi semua, keempat calon mempelai hampir merayakan pesta pernikahan dengan “pasangan baru”.

Kegelapan, ditambah dengan fakta bahwa kedua mempelai wanita mengenakan gaun yang sama, menyebabkan "kebingungan" di antara mempelai pria dan pengurus pernikahan.

Baca juga: Baru Menikah 2 Hari di AS, Wanita Ini Siap Kembali ke Ukraina untuk Ikut Lawan Invasi Rusia

Keluarga mempelai secara tidak sengaja memasangkan pasangan yang salah untuk duduk bersama saat upacara dimulai.

Untungnya, kesalahan itu diketahui sebelum setiap pasangan melakukan tradisi pernikahan India yang dikenal sebagai "Saat Phere."

Selama “Saat Phere”, sepasang pengantin bertukar tujuh "sumpah suci" satu sama lain saat mereka berjalan di sekitar cincin "api suci," jelas Wedding Wire India.

Setiap sumpah, atau "Phera", memiliki arti tersendiri. Misalnya, sumpah pertama adalah "doa kepada Tuhan untuk penyediaan dan makanan." Sedangkan nazar ketujuh adalah doa untuk "cinta dan persahabatan".

"Sumpah dan cara pengucapannya berbeda untuk budaya dan agama yang berbeda, tetapi maknanya tetap sama," jelas situs web tersebut.

Makna inti dari Pheras ini tetap tidak berubah selama bertahun-tahun, tapi pasangan muda bereksperimen dengan banyak ide untuk membuat pernikahan mereka menyenangkan, dan itu termasuk membuat tujuh sumpah itu unik dan menyenangkan juga.

Baca juga: Pasangan Ukraina Menikah Saat Invasi Rusia, Malam Pertama Langsung Angkat Senjata

Setelah pengantin bertukar tujuh sumpah mereka resmi menjadi suami istri, menurut Times Now News.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com