Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Analis Senior AS: Biden Tak Boleh jadi Capres Lagi karena Faktor Usia

Kompas.com - 12/05/2022, 15:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber The Hill

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Mantan penasihat Gedung Putih David Gergen mengatakan bahwa dia tidak percaya pada Presiden AS Joe Biden jika harus mencalonkan diri sebagai presiden lagi, mengingat usianya sudah tak muda lagi.

“Kami memiliki pemilihan yang akan datang pada tahun 2024, di mana sangat mungkin bahwa kami akan menghadapi Donald Trump melawan Joe Biden," ujarnya, dilansir The Hill.

"Jika salah satu dari orang-orang itu memenangkan kursi kepresidenan, dia akan memerintah saat dia berusia 80 tahun," kata Gergen, yang juga analis politik senior untuk CNN.

Baca juga: Biden Umumkan Paket Senjata Baru Senilai 150 Juta Dollar AS untuk Ukraina

“Kami belum pernah melihat yang seperti itu sebelumnya. Dan sejujurnya, saya pikir itu risiko nyata. Anda tahu, saya baru berusia 80 tahun, dan saya hanya bisa memberi tahu Anda John, Anda kehilangan satu langkah," ujarnya lagi.

"Penilaian Anda tidak sejelas sebelumnya. Ada berbagai hal lain yang tidak dapat Anda lakukan. Menempatkan seseorang di kantor itu dengan kerentanan semacam itu dan memberi mereka empat tahun, kami tidak tahu ke mana arahnya," tambahnya.

Baca juga: Ini Isi Proposal Biden untuk Kongres AS, Aset Rusia Bisa Disita untuk Bantu Ukraina

Gergen mengatakan dia yakin itu akan menjadi "kesalahan" baik bagi Demokrat atau Republik untuk mencalonkan calon presiden yang pada dasarnya akan memerintah di usia 80-an.

Biden berusia 79 tahun, Trump, yang menggoda dengan tawaran untuk nominasi GOP, 75 tahun.

Gergen, yang telah menjadi penasihat Gedung Putih untuk mantan Presiden Nixon, Ford, Reagan dan Clinton, juga menyarankan bahwa sudah waktunya bagi generasi pemimpin baru untuk mengambil alih kepemimpinan.

Baca juga: Perkuat Aliansi, Biden Akan Bersafari ke Jepang dan Korsel pada Mei

“Dan saya pikir, sejujurnya, meskipun ada beberapa hal baik, umumnya ada rasa kecewa tentang, Anda tahu, seberapa baik mereka memerintah, atau betapa buruknya mereka memerintah,” tambahnya.

Komentar Gergen sama dengan yang dia buat ke CBS News, yang disiarkan awal pekan ini, ketika dia juga ditanya tentang apakah Biden harus mencalonkan diri lagi pada 2024.

“Dalam penilaian saya, sayangnya, saya pikir waktu Presiden Biden sebagai pemimpin aktif akan dan harus berakhir dengan masa jabatan ini,” katanya.

Baca juga: Langgar Janji Kampanye, Pemerintahan Biden Izinkan Pengeboran Migas di Tanah Federal

Dua sumber bulan lalu mengatakan kepada The Hill bahwa Biden telah memberi tahu mantan presiden Obama bahwa dia berencana untuk mencalonkan diri lagi dalam siklus presiden berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Hill
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com