Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Baru Korsel Buka Gedung Kepresidenan Blue House untuk Umum

Kompas.com - 11/05/2022, 21:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber AFP

SEOUL, KOMPAS.com - Ribuan warga Korea Selatan membanjiri Gedung Biru kepresidenan atau Blue House di Seoul utara yang rindang pada Rabu (11/5/2022).

Dilansir AFP, Presiden baru Korsel Yoon Suk-yeol memenuhi janji kampanye untuk mengembalikan kompleks yang dulu dibentengi kepada rakyat.

Bangunan, yang dinamai dari sekitar 150.000 ubin biru yang dilukis dengan tangan yang menghiasi atapnya, telah menjadi rumah bagi para pemimpin Korea Selatan sejak 1948.

Baca juga: Resmi Dilantik, Presiden Baru Korea Selatan Tawarkan Imbalan Denuklirisasi ke Korea Utara

Tapi bangunan penting ini sebagian besar dibatasi untuk umum.

Hal itu telah berubah sejak Yoon, mantan jaksa tinggi yang dilantik pada hari Selasa (10/5/2022), menolak untuk pindah.

Dia mengatakan markas besar di puncak bukit, sebuah situs yang pernah digunakan bekas kekuatan kolonial Jepang, memupuk kesan "kekaisaran" dan merusak komunikasi dengan masyarakat.

Sebaliknya, Yoon bekerja dari gedung kementerian pertahanan 10 lantai, sebuah blok kantor yang tidak istimewa di pusat kota Seoul, yang buru-buru dihiasi dengan cap presiden.

Para kritikus mengecam langkah itu sebagai pemborosan waktu dan uang yang mahal, yang juga dapat membahayakan keamanan negara itu pada saat ketegangan sedang tinggi dengan Korea Utara yang bersenjata nuklir.

Baca juga: Korea Selatan Jadi Negara Asia Pertama yang Gabung Pertahanan Siber NATO

Namun pada hari pembukaan, warga Korea Selatan berbondong-bondong ke kompleks seluas 250.000 meter persegi, yang diapit pegunungan dan terletak di belakang Istana Kerajaan Gyeongbokgung.

"Merupakan suatu kehormatan dalam hidup saya untuk datang ke sini dan benar-benar melihat kantor kepresidenan," kata Choi Jung-bun, 70 tahun, kepada AFP sembari makan siang di tepi sungai di tamannya.

"Ini adalah situs bertingkat yang memunculkan raja-raja Korea kuno dan presiden modern. Saya yakin itu akan menjadi salah satu atraksi wisata utama."

Baca juga: Jepang Akan Tingkatkan Kerja Sama dengan Korea Selatan, Perbaiki Ketegangan

Menurut pejabat, lebih dari 25.000 orang mengunjungi kompleks pada hari pertama pembukaan penuh, setelah mendaftar terlebih dahulu.

Pengunjung tampak senang akhirnya diizinkan masuk, dengan antrian panjang di depan gedung utama saat orang-orang menunggu dengan sabar untuk mengambil foto.

Padahal gedung itu sendiri belum dibuka untuk pengunjung karena masalah keamanan, misalnya peralatan komunikasi yang masih perlu dicopot.

Hingga 39.000 pengunjung per hari akan diizinkan untuk mengunjungi kompleks tersebut, kata para pejabat, selama fase pertama pembukaan publik, yang berlangsung hingga 22 Mei.

Baca juga: Korea Selatan Akan Cabut Sebagain Besar Pembatasan Covid-19

Di masa lalu, kantor kepresidenan menjalankan program tur yang jauh lebih kecil yang memungkinkan 1.500 pengunjung per hari, dengan pembatasan di banyak area.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com