Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Kanada Sebut Dunia Bertekad Putin Kalah Perang di Ukraina

Kompas.com - 09/05/2022, 11:31 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Reuters

KYIV, KOMPAS.com – Dunia akan melakukan segala hal untuk memastikan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin kalah perang di Ukraina.

Hal tersebut disampaikan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau kepada Reuters dalam sebuah wawancara pada Minggu (8/5/2022) malam waktu setempat.

“Apa yang perlu dipahami Putin adalah bahwa Barat benar-benar bertekad dan memutuskan untuk menentang apa yang dia lakukan,” kata Trudeau.

Baca juga: Kunjungi Kyiv, PM Kanada Umumkan Bantuan Senjata Baru untuk Ukraina

“Perang ilegalnya, eskalasinya, pelanggaran garis merahnya dengan memilih untuk menginvasi Ukraina berarti bahwa kita akan melakukan semua yang kita bisa sebagai dunia untuk memastikan bahwa dia kalah,” sambung Trudeau.

Berbicara di sela-sela kunjungan mendadaknya ke Ukraina untuk berdialog dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Trudeau mengatakan bahwa Putin membuat kesalahan besar.

“Dia melakukan kekejaman terhadap warga sipil, dan itu semua adalah sesuatu yang dia lakukan karena dia pikir dia bisa menang,” jawab Trudeau.

Baca juga: Pejuang Ukraina di Pabrik Baja Azovstal Bersumpah Terus Melawan Selama Masih Hidup

Setiap 8 Mei, Eropa memperingati 77 tahun penyerahan Nazi. Sedangkan Rusia merayakan Hari Kemenangan pada 9 Mei.

Penyerahan tanpa syarat Nazi Jerman mulai berlaku pada pukul 23:01 malam pada 8 Mei 1945. Karena perbedaan waktu, penyerahan Nazi Jerman sudah masuk tanggal 9 Mei 1945 di Moskwa.

Trudeau juga menggemakan pernyataan dari G7 yang dikeluarkan sebelumnya tentang bagaimana tindakan Putin mempermalukan Rusia dan pengorbanan rakyatnya selama Perang Dunia II.

Baca juga: Pasukan Ukraina Mundur dari Popasna, Chechnya Klaim Ambil Alih

“Terus terang, pada Hari Kemenangan di Eropa, ketika kita semua merayakan kemenangan atas fasisme beberapa dekade yang lalu, Vladimir Putin mempermalukan ingatan jutaan orang Rusia yang berjuang dan mati dalam perjuangan untuk kebebasan dan perang melawan fasisme,” ujar Trudeau.

Sebelumnya, Trudeau mengumumkan bantuan senjata dan peralatan baru untuk Ukraina pada Minggu saat melakukan kunjungan mendadak ke Kyiv.

Trudeau menambahkan, Kanada memberlakukan sanksi baru terhadap individu dan entitas Rusia sehubungan dengan invasi Moskwa ke Ukraina.

Baca juga: Rangkuman Hari ke-74 Serangan Rusia ke Ukraina, Moskwa Bom Sekolah, Pejuang Bersumpah Terus Melawan

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com