Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biden Umumkan Paket Senjata Baru Senilai 150 Juta Dollar AS untuk Ukraina

Kompas.com - 07/05/2022, 06:45 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Joe Biden pada Jumat (6/5/2022), mengumumkan bantuan paket senjata baru senilai 150 juta dollar AS untuk perang Ukraina melawan invasi Rusia.

"Saya mengumumkan paket bantuan keamanan lain yang akan memberikan amunisi artileri tambahan, radar, dan peralatan lainnya ke Ukraina," kata Biden, sambil memperingatkan bahwa dana hampir habis dan mendesak Kongres untuk mengizinkan penyediaan lebih banyak.

Amerika Serikat diketahui telah mengirimkan persenjataan senilai 3,4 miliar dollar AS ke Ukraina sejak Rusia menginvasi pada 24 Februari, termasuk howitzer, sistem Stinger anti-pesawat, rudal Javelin anti-tank, amunisi, dan drone "Hantu" yang baru-baru ini diungkapkan.

Baca juga: Ini Isi Proposal Biden untuk Kongres AS, Aset Rusia Bisa Disita untuk Bantu Ukraina

Dilansir dari AFP, menurut seorang pejabat senior AS, paket baru akan bernilai 150 juta dollar AS dan termasuk 25.000 peluru artileri 155 mm, radar kontra-artileri yang digunakan untuk mendeteksi sumber tembakan musuh, peralatan pengacau elektronik, peralatan lapangan, dan suku cadang.

Amunisi artileri tampaknya dimaksudkan untuk howitzer AS yang baru-baru ini dipasok.

Menteri Luar Negeri Antony Blinken menyebut, bantuan baru pada Jumat membawa nilai total persenjataan AS yang dikirim oleh pemerintahan Biden ke Ukraina menjadi 3,8 miliar dollar AS sejak Rusia meluncurkan invasi 72 hari lalu.

Paket bantuan senjata pada Jumat berarti sisa 250 juta dollar yang tersedia dari pendanaan resmi AS sebelumnya untuk Ukraina akan habis.

Biden mendesak Kongres untuk mengesahkan paket besar Ukraina senilai 33 miliar dollar AS, yang akan mencakup 20 miliar dollar AS bantuan militer, dan berlangsung selama lima bulan.

Baca juga: Perkuat Aliansi, Biden Akan Bersafari ke Jepang dan Korsel pada Mei

Sementara itu, Biden dan para pemimpin G7 lainnya, ditambah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, direncanakan bakal bertemu secara virtual pada Minggu (8/5/2022), untuk membahas dukungan Barat bagi negara itu dalam perjuangannya melawan invasi Presiden Vladimir Putin.

"Amerika Serikat telah memberikan sejumlah bantuan keamanan bersejarah ke Ukraina dengan kecepatan tinggi. Kami mengirim senjata dan peralatan yang telah disahkan Kongres secara langsung ke garis depan kebebasan di Ukraina," kata Biden dalam sebuah pernyataan.

Namun, Biden mengatakan pendanaan saat ini hampir habis dan menyampaikan bahwa agar Ukraina berhasil, AS dan sekutunya harus menjaga senjata dan amunisi mengalir ke Ukraina, tanpa gangguan.

"Kongres harus segera menyediakan dana yang diminta untuk memperkuat Ukraina di medan perang dan di meja perundingan," ungkap dia.

Baca juga: Langgar Janji Kampanye, Pemerintahan Biden Izinkan Pengeboran Migas di Tanah Federal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com