Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WHO Yakin Jumlah Kematian Covid-19 Global 3 Kali Lipat Lebih Besar

Kompas.com - 06/05/2022, 06:43 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Covid-19 ternyata membuat hampir tiga kali lebih banyak orang meninggal dari data yang dilaporkan.

Data resmi dari laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut, pandangan paling komprehensif tentang jumlah korban global sebenarnya dari pandemi ini sangat jauh.

WHO menyebut ada 14,9 juta kematian yang terkait dengan Covid-19 pada akhir 2021.

Baca juga: 228 Dugaan Kasus Hepatitis Akut Misterius pada Anak Dilaporkan ke WHO dari 20 Negara

Dilansir Reuters, jumlah resmi kematian yang secara langsung disebabkan oleh Covid-19 dan dilaporkan ke WHO pada periode itu, dari Januari 2020 hingga akhir Desember 2021, berkisar antara 5,4 juta jiwa.

Angka kematian terbaru dari WHO mencerminkan bahwa banyak orang yang meninggal karena Covid-19 serta mereka yang meninggal sebagai akibat tidak langsung dari wabah.

Ini termasuk mereka yang tidak dapat mengakses layanan kesehatan karena kondisi lain ketika sistem kewalahan selama gelombang besar infeksi.

Baca juga: WHO Sangat Merekomendasikan Pil Covid-19 Pfizer untuk Pasien Berisiko Tinggi

Angka ini juga memperhitungkan kematian yang dapat dihindari selama pandemi, misalnya karena risiko kecelakaan lalu lintas yang lebih rendah selama penguncian.

Tetapi jumlahnya juga jauh lebih tinggi dari penghitungan resmi karena kematian yang tidak terjawab di negara-negara tanpa pelaporan yang memadai.

"Bahkan sebelum pandemi, sekitar enam dari 10 kematian di seluruh dunia tidak terdaftar," kata WHO.

Laporan WHO menyebutkan bahwa hampir setengah dari kematian yang hingga saat ini belum terhitung terjadi di India.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa 4,7 juta orang meninggal di sana akibat pandemi, terutama selama lonjakan besar pada Mei dan Juni 2021.

Baca juga: India Bantah WHO yang Sebut 4 Juta Pasien Covid Meninggal di Negaranya

Pemerintah India, bagaimanapun, menempatkan angka kematiannya untuk periode Januari 2020-Desember 2021 jauh lebih rendah, sekitar 480.000.

WHO mengatakan belum sepenuhnya memeriksa data baru yang disediakan oleh India, yang telah mendorong kembali perkiraan dan mengeluarkan angka kematian sendiri untuk semua penyebab kematian pada tahun 2020.

Panel WHO, yang terdiri dari pakar internasional yang telah mengerjakan data selama berbulan-bulan, menggunakan kombinasi informasi nasional dan lokal, serta model statistik.

Baca juga: WHO Persiapkan Penyelidikan Serangan Kimia di Ukraina

Penilaian independen lainnya juga menempatkan jumlah kematian di India jauh lebih tinggi daripada penghitungan resmi pemerintah, termasuk laporan yang diterbitkan di Science.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com