Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi India Diduga Perkosa Korban Pemerkosaan yang Diperkosa Bergilir

Kompas.com - 05/05/2022, 22:30 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

NEW DELHI, KOMPAS.com - Seorang polisi India ditangkap setelah dituduh memerkosa gadis berusia 13 tahun yang mendatangi kantornya untuk melaporkan bahwa dia diperkosa beramai-ramai.

Dugaan insiden tersebut adalah yang terbaru menyoroti tingginya tingkat kekerasan seksual di India, negara dengan rata-rata seorang wanita diperkosa setiap 18 menit.

Gadis itu berasal dari kasta Dalit yang sudah lama menderita marginalisasi dan kekerasan di tangan kasta yang lebih tinggi, tetapi hanya mendapat sedikit bantuan dari polisi.

Baca juga: Tentara Rusia Perkosa Saya dan Bunuh Suamiku

Menurut ayahnya, gadis itu diperkosa oleh empat pria bulan lalu selama beberapa hari.

Namun, ketika dia hendak mengajukan pengaduan minggu lalu, polisi yang bertugas justru memerkosanya, menurut LSM yang sekarang memberinya konseling, dikutip dari kantor berita AFP pada Kamis (5/5/2022).

Polisi mengatakan, petugas tersebut ditangkap pada Rabu (4/5/2022) bersama empat orang lainnya dan bibi gadis itu, yang dilaporkan berada di dalam sebuah ruangan kantor polisi ketika korban diperkosa.

Sebanyak 29 polisi lain yang berada di kantor polisi negara bagian Uttar Pradesh pada saat dugaan pemerkosaan terjadi juga diskors dari tugas.

Berita tentang insiden ini memicu amarah publik di media sosial India.

Baca juga: Remaja Ini Diperkosa oleh Orang yang Baru Dikenalnya

"Kalau kantor polisi tidak aman untuk perempuan, lalu ke mana mereka akan mengadu?" twit Priyanka Gandhi Vadra anggota senior partai oposisi Kongres.

"Apakah pemerintah (Uttar Pradesh) serius memikirkan menambah petugas wanita di kantor polisi agar aman bagi perempuan?"

Undang-undang pemerkosaan dan pedoman hukuman di India dirombak setelah terjadi pemerkosaan bergilir terhadap seorang siswi di New Delhi pada 2012.

Namun, jumlah kasusnya tetap tinggi dengan lebih dari 28.000 pemerkosaan dilaporkan pada 2020, menurut data resmi terbaru yang dianggap belum mengungkap semuanya.

Baca juga: Berkedok Main Mobile Legends, Lelaki Ini Perkosa Wanita Teman Mabarnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com