Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SpaceX Kembali Meluncur ke Luar Angkasa dalam Misi Terbaru NASA

Kompas.com - 27/04/2022, 16:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Perusahaan roket Elon Musk SpaceX meluncurkan kru astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) untuk NASA pada Rabu (27/4/2022) pagi.

Astronot didampingi dokter medis yang menjadi penjelajah ruang angkasa dan ahli geologi yang mengkhususkan diri mempelajari tanah longsor di Mars.

Dilansir Reuters, kendaraan peluncuran SpaceX, terdiri dari roket Falcon 9 dua tahap di atasnya, dengan kapsul Crew Dragon yang dijuluki Freedom.

Baca juga: SpaceX Berhasil Luncurkan Satelit Mata-mata Rahasia AS dengan Roket Falcon 9

Kendaraan ditetapkan untuk lepas landas dengan empat awaknya pada pukul 3.52 pagi EDT (0752 GMT) dari NASA Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, tiga astronot AS dan awak Badan Antariksa Eropa (ESA) dari Italia akan mencapai stasiun luar angkasa sekitar 17 jam kemudian.

Mereka akan memulai misi sains enam bulan yang mengorbit sekitar 250 mil (420 km) di atas Bumi.

Selama briefing pra-peluncuran pada hari Selasa (26/4/2022) pejabat NASA mengatakan prakiraan peluang 90 persen dari kondisi cuaca yang menguntungkan untuk lepas landas tepat waktu.

Baca juga: Roket yang Akan Menabrak Bulan adalah Milik China, Bukan dari SpaceX

"Terbang dengan aman bersama kru berarti Anda harus melakukannya selangkah demi selangkah," kata Kathryn Lueders, administrator asosiasi NASA untuk operasi luar angkasa.

"Kami berharap Anda akan melihat langkah yang sangat, sangat indah, dan kami akan membawa kru kami dengan selamat ke orbit," tambahnya.

Misi terbaru, yang disebut sebagai Crew 4, akan menandai kru ISS penuh keempat yang dikirim NASA ke orbit di atas kendaraan SpaceX.

Hal ini terjadi sejak usaha roket pribadi yang didirikan oleh Musk, juga pemilik pembuat mobil listrik Tesla Inc, mulai terbang.

Baca juga: Badai Matahari Bakar dan Jatuhkan 40 Satelit Internet Starlink Milik SpaceX

Secara keseluruhan, SpaceX telah meluncurkan enam penerbangan luar angkasa manusia sebelumnya selama dua tahun terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com