Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Otoritas Shanghai Kirim Paksa Lansia ke Kamp Covid-19, Picu Kemarahan Publik

Kompas.com - 21/04/2022, 19:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber CNN

BEIJING, KOMPAS.com - Wanita berusia 92 tahun itu dibangunkan paksa dari tempat tidurnya. Bersama putranya yang berusia 74 tahun, mereka dibawa ke pusat karantina.

Menurut catatan, keduanya dinyatakan positif Covid-19 lima hari sebelumnya pada 14 April. Saat membawanya, dia diduga ditarik dari tempat tidur dan diseret ke lantai.

Dilansir CNN, kisah tersebut, seperti yang diceritakan dalam serangkaian postingan online oleh cucu perempuannya, Zhi Ye, mantan jurnalis yang lahir dan besar di Shanghai, telah memicu kemarahan di media sosial China.

Baca juga: Shanghai Lockdown, Harga Mi Instan Nyaris Rp 1 Juta Per Kardus

"Tidak ada batasan untuk kekejaman dan kekerasan berdarah dingin," kata komentar teratas di bawah postingan Zhi di Weibo, layanan mirip Twitter di China.

Di tengah kecaman publik, pemerintah setempat mengeluarkan pernyataan pada Selasa (19/4/2022) malam.

Mereka mengonfirmasi pemindahan larut malam dari dua warga lanjut usia ke tempat karantina.

Dikatakan polisi dan pekerja komite lingkungan menyuruh tukang kunci membuka pintu luar ke apartemen karena mereka takut "kecelakaan telah terjadi".

Baca juga: Viral Video dari Warga Shanghai Ungkap Hari-hari Mencekam Lockdown Covid-19 China

Pernyataan itu mengatakan dua warga lanjut usia telah menyetujui pemindahan tersebut setelah berkomunikasi dengan petugas polisi.

Mereka disebut "secara sukarela turun ke bawah" untuk masuk ke dalam mobil.

Nenek Zhi adalah di antara banyak warga senior Shanghai yang telah diseret ke karantina pemerintah dalam beberapa hari terakhir.

Pihak berwenang meningkatkan upaya untuk menghapus semua kasus positif dari komunitas dalam upaya untuk mengakhiri penyebaran Covid-19 di luar tempat yang ditentukan.

Baca juga: Warga Shanghai Bentrok dengan Polisi, Tolak Rumahnya Jadi Tempat Karantina Pasien Covid

Di media sosial, beberapa warga meminta bantuan karena orang tua atau kakek nenek mereka dibawa ke fasilitas isolasi, terkadang tanpa obat atau peralatan yang mereka butuhkan.

Seorang pasien di pusat karantina yang diubah dari gudang mengatakan bahwa sekelompok warga lanjut usia, beberapa di atas kursi roda, diangkut ke fasilitasnya dari panti jompo pada Senin (18/4/2022) malam.

Pemindahan massal itu terjadi ketika Wakil Perdana Menteri China Sun Chunlan, berjanji mengirim siapa pun yang dites positif dan kontak dekat mereka ke situs karantina.

"Tanpa terkecuali, pengurangan dan penundaan," ujar Sun.

Tapi upaya terbaru untuk mengakhiri transmisi komunitas hanya memicu lebih banyak kemarahan.

Banyak yang khawatir bahwa warga lanjut usia tidak akan menerima perawatan yang layak di fasilitas isolasi darurat, beberapa di antaranya terganggu oleh kondisi yang buruk, kepadatan penduduk serta kekurangan peralatan medis, dokter dan perawat.

Baca juga: Keputusasaan Warga Shanghai, Lockdown Covid Terus Diperpanjang, Stok Makanan Minim

Pejabat China telah lama menyatakan bahwa "nol-Covid" menyelamatkan nyawa, terutama kelompok rentan seperti orang tua.

Tetapi beberapa berpendapat bahwa memaksa warga lanjut usia ke karantina terpusat, menimbulkan ancaman bagi kesehatan dan kesejahteraan orang-orang yang seharusnya dilindungi oleh kebijakan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com