Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/04/2022, 18:01 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

CHICHAGO, KOMPAS.com – Masyarakat Hindu Bali di Midwest yang tergabung dalam Semeton Bali Midwest bersama KJRI Chicago untuk kedua kalinya mengadakan acara Dharma Santi peringatan Hari Raya Nyepi tahun baru Saka 1944 di Chicago, Amerika Serikat (AS), Sabtu (16/4/2022).

Digelar secara fisik untuk kali pertama dalam dua tahun terakhir, acara ini menampilkan banyak penari dan juga kelompok Chicago Balinese Gamelan yang sebagian besar pemainnya merupakan warga AS.

Acara dibuka dengan “Matur Piuning dan Nunas Taksu” yang berisikan harapan agar acara berjalan dengan lancar. Dalam ritual ini juga ada harapan bahwa di tahun yang baru ini, kondisi Bali akan terus membaik dan segera bangkit setelah adanya pandemi selama dua tahun terakhir.

Baca juga: Promosikan Indonesia, KJRI Chicago Ikuti Chicago and Travel Show 2022

Beberapa tari yang ditarikan dalam acara, termasuk Tari Dharmashanti, Tari Margapati, Tari Topeng Keras, dan Tari Legong Tapini.

Konjen RI Chicago, Meri Binsar Simorangkir, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa perayaan Hari Raya Nyepi di Chicago kali ini dilakukan di tengah dimulainya era baru setelah pandemi Covid-19, di mana perkonomian dunia termasuk Indonesia, telah kembali menggeliat.

“Bali siap menerima kunjungan wisatawan termasuk dari AS dengan telah diberlakukannya kembali pemberian fasilitas Visa on Arrival di bandara internasional Bali sejak 7 Maret 2022. Karena itu, tunggu apa lagi? Segera book tiket pesawat dan sampai jumpa di Bali!” ungkap Konjen Meri, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com dari KJRI Chicago, Senin (18/4/2022).

Baca juga: Pengungsi Afghanistan Ditolong Relawan, Tempati Rumah Baru di Chicago

Wali Kota Oakbrook, Illinois, Gopal Lalmalani hadir sebagai tamu kehormatan.

Uniknya, Wali Kota Gopal bercerita bahwa dirinya lahir dan menghabiskan masa kecilnya di Jakarta, bahkan sempat juga menjadi mahasiswa magang di rumah sakit di Jakarta.

“Bangsa Indonesia termasuk bangsa yang paling toleran di dunia dan di event yang membahagiakan ini, saya mengucapkan Selamat Tahun Baru Saka kepada umat Hindu di Midwest. Saya berharap agar acara perayaan tahun baru ini berjalan dengan lancar,” ungkap dia.

Wali Kota Gopal juga menegaskan bahwa jika ada yang namanya surga di bumi, itu adalah Bali.

"Karenanya, bagi mereka yang belum pernah berkunjung ke Bali, kalian harus pergi, minimal sekali,” ajak dia.

Ketua Acara Perayaan Dharmashanti I Nyoman Mahartayasa menyampaikan bahwa persiapan acara ini sudah dilaksanakan selama 2 bulan, dan acara ini tidak akan pernah terjadi tanpa kuatnya persaudaraan masyarakat Bali.

Masyarakat Hindu Bali di Midwest yang tergabung dalam Semeton Bali Midwest bersama KJRI Chicago untuk kedua kalinya mengadakan acara Dharma Santi peringatan Hari Raya Nyepi tahun baru Saka 1944 di Chicago, Amerika Serikat (AS), Sabtu (16/4/2022).KJRI Chicago Masyarakat Hindu Bali di Midwest yang tergabung dalam Semeton Bali Midwest bersama KJRI Chicago untuk kedua kalinya mengadakan acara Dharma Santi peringatan Hari Raya Nyepi tahun baru Saka 1944 di Chicago, Amerika Serikat (AS), Sabtu (16/4/2022).

“Animo masyarakat Chicago untuk mempelajari budaya dan tarian Bali pada khususnya, serta Chicago pada umumnya sangatlah tinggi. Kalau diperhatikan, malam ini, kebanyakan pemain gamelan adalah warga AS dan kualitas permainan mereka tidak kalah dengan orang Indonesia,” ungkap Nyoman Mahartayasa.

Baca juga: Pengungsi Afghanistan Ditolong Relawan, Tempati Rumah Baru di Chicago

“Mereka sangat disiplin dan mereka sangat mencintai budaya Indonesia, sampai saya sebagai orang Bali merasa kalah dengan dedikasi mereka,” tambah dia.

Penampilan Dharmashanti ini juga menjadi lebih spesial dengan kedatangan dosen ISI yang sudah 2 bulan ini menjadi artist-in-resident di Chicago Balinese Gamelan Made Ayu Destiari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com