Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Peringatkan Aktivitas Pasukan NATO di Kutub Utara

Kompas.com - 18/04/2022, 07:31 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Reuters

KYIV, KOMPAS.com – Rusia mengkhawatirkan tentang peningkatan aktivitas pasukan NATO di Kutub Utara atau Arktik dan melihat risiko insiden yang tidak diinginkan terjadi di wilayah tersebut.

Hal tersebut disampaikan Duta Besar Rusia untuk Kerja Sama Arktik Nikolai Korchunov pada Minggu (17/4/2022) dikutip kantor berita TASS.

Pada Maret, Finlandia dan Swedia mengikuti latihan militer gabungan dengan NATO. Kedua negara tersebut juga mempertimbangkan untuk bergabung dengan NATO.

Baca juga: Ini Ancaman Rusia jika Swedia dan Finlandia Gabung NATO

Latihan tersebut sebenarnya sudah lama direncanakan, tetapi invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari menambah intensitas latihan perang, sebagaimana dilansir Reuters.

“Peningkatan aktivitas NATO baru-baru ini di Kutub Utara menimbulkan kekhawatiran,” tutur Korchunov.

“Latihan militer skala besar lain dari aliansi baru-baru ini diadakan di Norwegia utara. Dalam pandangan kami, ini tidak berkontribusi pada keamanan kawasan itu,” sambung Korchunov.

Menurut Korchunov, aktivitas semacam itu meningkatkan risiko “insiden” yang tidak diinginkan. Namun, dia tidak merinci insiden apa yang dia maksud.

Baca juga: 9 Fakta Penting Rencana Finlandia dan Swedia Bergabung ke NATO

Di menuturkan, selain menimbulkan risiko keamanan, aktivitas itu juga dapat menyebabkan kerusakan serius pada ekosistem Arktik.

Salah satu sekutu terdekat Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan NATO pada Kamis (14/4/2022) mengenai Swedia dan Finlandia yang bergabung dengan NATO.

Dia mengatakan, jika Swedia dan Finlandia bergabung dengan NATO, maka Rusia akan mengerahkan senjata nuklir dan rudal hipersonik di eksklavenya di Eropa.

Baca juga: Swedia dan Finlandia Kemungkinan Gabung NATO, Rusia Beri Peringatan

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com