Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonomi Rusia Anjlok akibat Sanksi, Butuh Bertahun-tahun untuk Pulih

Kompas.com - 14/04/2022, 20:45 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia diprediksi membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk membangun kembali ekonominya, jika sanksi Barat atas invasi ke Ukraina tetap berlaku untuk waktu yang lama.

"Jika sanksi tetap pada level saat ini, akan memakan waktu sekitar dua tahun rekonstruksi, tidak kurang," kata Kepala Kamar Audit dan mantan menteri keuangan Rusia Alexei Kudrin, Rabu (13/4/2022).

"Kemudian kita harus membangun kembali selama bertahun-tahun karena apa yang kita bicarakan adalah mengganti seluruh rangkaian produk impor," katanya seperti dikutip oleh kantor berita Rusia.

Baca juga: Akibat Invasi, Ekonomi Rusia Menuju Kontraksi Terbesarnya sejak 1994

Kudrin juga mengatakan, inflasi yang sudah melonjak bisa mencapai 20 persen pada akhir tahun ini.

Presiden Vladimir Putin berkata bahwa ekonomi Rusia berhasil mengatasi rentetan sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya yang diberlakukan sejak invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari.

Namun, para ekonom percaya bahwa dampak ekonomi terburuk dari sanksi masih akan datang dan memperkirakan Rusia--yang sangat bergantung pada impor peralatan manufaktur dan barang-barang konsumen--akan terjun ke jurang resesi yang dalam.

"Salah satu risiko utama hari ini adalah kontraksi ekonomi karena pembatasan logistik di satu sisi dan kurangnya likuiditas di sisi lain," kata Wakil Perdana Menteri Rusia Andrei Belousov kepada majelis tinggi parlemen Rusia, dikutip dari AFP.

Baca juga: Perang Rusia Ukraina: Mengapa Pasukan Putin Kehilangan Banyak Tank?

Belousov menambahkan, sektor industri dan perdagangan mengalami kontraksi 11 persen karena sanksi Rusia.

Untuk mendukung perekonomian, anggaran belanja negara dinaikkan 20 persen untuk tahun-ke-tahun pada kuartal I tahun ini, katanya.

Pemerintah Rusia belum merilis perkiraan pertumbuhan untuk 2022, tetapi Bank Dunia memperkirakan penurunan 11,2 persen dalam PDB.

Baca juga: Rusia: Lebih dari 1.000 Tentara Ukraina Menyerah di Mariupol

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com