Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baku Tembak Dekat Masjid Jaffa, Pasukan Israel Bunuh Penyerang Bersenjata

Kompas.com - 08/04/2022, 14:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber AFP

YERUSALEM, KOMPAS.com - Seorang pria bersenjata yang diduga membunuh dua orang di Tel Aviv dan membuat kota itu terkunci, tewas pada Jumat (8/4/2022) dalam baku tembak dengan pasukan keamanan Israel yang memburunya sepanjang malam.

"Kami berhasil pagi ini, dalam kerjasama operasional dan intelijen, dalam menutup lingkaran dan melenyapkan teroris dengan baku tembak," kata komisaris polisi Mayor Jenderal Yaakov (Kobi) Shabtai, dilansir AFP.

Badan keamanan mengatakan agen dan pasukan khusus menemukan penyerang bersembunyi di dekat sebuah masjid di Jaffa, mengacu pada kawasan bersejarah Arab di Tel Aviv.

Baca juga: Serangan Jalanan Kembali Guncang Israel, 2 Orang Tewas

Radio publik Israel mengidentifikasi tersangka penyerang sebagai seorang pria berusia akhir 20-an dari kamp pengungsi Jenin di utara Tepi Barat yang diduduki Israel.

Penyerang telah menembak orang yang bersuka ria di sebuah bar yang sibuk di pusat Tel Aviv.

Polisi telah menutup jalan dan memerintahkan transportasi umum ditutup saat mereka memburu tersangka dengan lebih dari 1.000 petugas dan tentara Israel.

Rumah Sakit Ichilov Tel Aviv, yang merawat delapan orang yang terluka dalam penembakan itu, mengatakan bahwa salah satu korban "dalam kondisi kritis dengan risiko langsung terhadap hidupnya".

Baca juga: Arthur James Balfour, PM Inggris Penyebab Konflik Israel-Palestina

Seorang saksi di bar tetangga mengaku mendengar lusinan peluru ketika pelanggan yang ketakutan bergegas mencari perlindungan.

Ini adalah serangan fatal keempat di kota-kota Israel dalam dua minggu, dengan 13 orang tewas dalam kekerasan tersebut.

Pekan lalu, tentara Israel menyerbu Tepi Barat utara setelah seorang pria dari daerah itu menewaskan lima orang, termasuk dua orang Ukraina di kota Ortodoks Bnei Brak dekat Tel Aviv.

Baca juga: Serangan Israel di Tepi Barat Tewaskan 3 Anggota Kelompok Militan Palestina

Tiga pejuang dari gerakan jihad bersenjata Palestina, tewas dalam baku tembak terkait dengan serangan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com