Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapi Perang Rusia vs Ukraina, NATO Kirim 100 Jet Tempur

Kompas.com - 26/02/2022, 11:02 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

BRUSSELS, KOMPAS.com - Kepala NATO Jens Stoltenberg pada Jumat (25/2/2022) mengatakan, aliansi itu mengerahkan pasukan respons cepat untuk kali pertama guna meningkatkan pertahanan dalam menghadapi invasi Rusia ke Ukraina.

"Ini masih situasi yang cair. Apa yang telah kita lihat adalah pasukan Ukraina bertempur dengan berani dan benar-benar mampu menimbulkan kehancuran pada pasukan Rusia yang menyerang," kata Stoltenberg setelah pertemuan puncak melalui video dengan para pemimpin NATO.

"Ini adalah invasi penuh ke Ukraina. Mereka bergerak menuju Keiv dan tujuan yang dinyatakan adalah untuk mengubah pemerintah Ukraina," lanjutnya dikutip dari AFP.

Baca juga: Apa Itu NATO dan Daftar Negara Anggotanya

Stoltenberg memperingatkan bahwa invasi Rusia ke Ukraina menciptakan kenormalan baru, mengancam keamanan Eropa yang lebih luas di luar anggota non-NATO Ukraina.

"Kami memperkuat pencegahan dan pertahanan kami," lanjut Stoltenberg.

“Kemarin, sekutu mengaktifkan rencana pertahanan kami dan, sebagai hasilnya, kami mengerahkan elemen Pasukan Respons NATO (NRF) di darat, di laut, dan di udara untuk lebih memperkuat postur kami dan untuk merespons dengan cepat segala kemungkinan.”

Ini adalah langkah terbaru NATO yang bertujuan meningkatkan pertahanannya, setelah para sekutu yang dipelopori oleh Amerika Serikat mengirimkan ribuan tentara ke negara-negara anggotanya di timur saat Rusia bergerak ke Ukraina.

"Kami memiliki lebih dari 100 jet dalam siaga tinggi, beroperasi di lebih dari 30 lokasi berbeda dan lebih dari 120 kapal dari utara hingga Mediterania," imbuh Stoltenberg.

"Ini untuk menjaga perdamaian guna mencegah serangan dan mencegah perang yang sedang berlangsung di Ukraina meluas ke negara sekutu NATO mana pun."

Akan tetapi, dia tidak mengungkap ke mana pasukan tanggapan dikirim, dengan mengatakan itu terserah komandan militer tertinggi NATO.

Baca juga: Rusia Memveto Resolusi PBB terkait Penghentian Invasi ke Ukraina, China Abstain

Dibuat pada tahun 2003, NRF terdiri dari 40.000 personel dan mencakup 8.000 kontingen dengan kesiapan tinggi berisi pasukan udara, laut, dan operasi khusus yang dapat dikerahkan dalam hitungan hari.

Di Washington, juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan, Amerika Serikat saat ini memiliki pasukan di Eropa, ditambah 7.000 tentara yang diperintahkan untuk dikerahkan ke Jerman minggu ini, dan yang lainnya dalam keadaan siaga di dalam negeri.

Dia berkata bahwa pasukan mana dan berapa banyak bergantung pada kebutuhan spesifik NATO.

"Apa pun persyaratan itu ... Amerika Serikat siap untuk condong ke depan sebanyak mungkin," kata Kirby.

Dia menekankan NRF adalah untuk melindungi negara-negara NATO, bukan untuk terlibat dalam pertempuran di Ukraina yang bukan anggota aliansi.

Namun, katanya, pemicu untuk mengaktifkan NRF adalah invasi yang melanggar hukum oleh Rusia ke Ukraina.

"Kami akan melakukan apa yang perlu kami lakukan untuk mempertahankan setiap inci wilayah NATO," tambahnya.

Baca juga: 5 Negara yang Dukung Invasi Rusia ke Ukraina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com