Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ceko, Polandia, dan Bulgaria Tutup Wilayah Udara untuk Penerbangan Rusia

Kompas.com - 26/02/2022, 08:37 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

WARSAWA, KOMPAS.com - Republik Ceko, Polandia, dan Bulgaria masing-masing mengatakan pada Jumat (25/2/2022), bahwa mereka akan menutup wilayah udara untuk penerbangan oleh operator Rusia sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina.

Sebelumnya maskapai Polandia LOT telah lebih dulu menghentikan penerbangan ke Moskwa dan Saint Petersburg.

"Mulai tengah malam hari ini, kami menghentikan lalu lintas semua perusahaan penerbangan Rusia di wilayah udara Ceko," cuit Menteri Transportasi Ceko Martin Kupka, dikutip dari AFP, Sabtu (26/2/2022).

Baca juga: Putin Akan Dikenai Sanksi, Termasuk Larangan Bepergian

Sementara itu, Perdana Menteri (PM) Polandia Mateusz Morawiecki mengatakan di Facebook bahwa Polandia juga sedang mempersiapkan resolusi seperti itu.

"Larangan itu akan berlaku mulai tengah malam," kata juru bicara pemerintah Polandia Piotr Muller kemudian di Twitter.

Keputusan serupa juga mulai berlaku di Bulgaria pada tengah malam (2200 GMT) sebagai tanggapan atas konflik militer yang memburuk di Ukraina dan bentuk solidaritas dengan Ukraina.

“Pesawat Rusia mungkin tidak lagi memasuki wilayah udara Bulgaria yang berdaulat, termasuk di atas perairan teritorialnya," menurut pernyataan Kementerian Transportasi. Bulgaria

Ini mengikuti keputusan pemerintah Inggris pada Kamis (24/2/2022), untuk melarang maskapai penerbangan utama Rusia Aeroflot terbang di atas Inggris.

Moskwa menanggapi pada Jumat, dengan melarang semua pesawat yang terhubung dengan Inggris, termasuk penerbangan transit, dari wilayah udara Rusia.

Baca juga: Inggris: Rusia Ingin Duduki Semua Wilayah Ukraina, tetapi Gagal

Sementara itu, Moldova mengatakan pada Kamis, bahwa pihaknya menutup wilayah udaranya, dengan semua penerbangan dialihkan ke bandara lain, sementara Belarusia mengatakan akan menutup "sebagian" dari wilayah udaranya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com