Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Negara Uni Eropa Kirim Ahli untuk Bantu Ukraina Tangani Ancaman Siber

Kompas.com - 23/02/2022, 07:30 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber Reuters

UKRAINA, KOMPAS.com - Enam negara Uni Eropa mengirim tim pakar keamanan siber ke Ukraina untuk membantu menangani ancaman siber setelah Rusia secara resmi mengakui dua wilayah yang memisahkan diri di Ukraina timur, yaitu Donetsk dan Luhansk.

Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Pertahanan Lithuania Margiris Abukevicius pada Selasa (22/2/2022).

Menurut Margiris, menanggapi permintaan dari Ukraina pada Senin (21/2/2022), Lithuania, Belanda, Polandia, Estonia, Rumania, Kroasia akan mengirim tim ahli yang dibentuk sebelumnya untuk membantu negara, lembaga, dan mitra Uni Eropa lainnya untuk mengatasi ancaman dunia maya.

Baca juga: Ukraina Dilanda Serangan Siber Saat AS Mempertanyakan Penarikan Pasukan Rusia

"Ukraina mungkin memerlukan bantuan untuk menangani insiden atau dukungan tertentu untuk menguji infrastruktur mereka mencari kelemahan keamanan," katanya kepada Reuters.

Seperti diketahui, Amerika Serikat (AS) dan Inggris pada Jumat (18/2/2022), menuduh peretas militer Rusia berada di balik serentetan serangan penolakan layanan atau distributed denial of service (DDoS) yang secara singkat membuat situs perbankan dan pemerintah Ukraina offline.

Di sisi lain, Rusia telah membantah peran apa pun dalam DDoS yang menimbulkan gangguan yang relatif terbatas pada Selasa (15/2/2022) pekan lalu.

Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengatakan pada Senin (21/2/2022), para ahli siber Inggris siap bekerja dengan Ukraina untuk membantu melindunginya dari aktivitas Rusia.

Baca juga: Rusia Bantah Lakukan Serangan Siber, AS Ngotot Menuduh Rusia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com