Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Mobil Mewah Ditinggalkan Begitu Saja di Kapal Kargo yang Terbakar di Samudera Atlantik

Kompas.com - 19/02/2022, 19:00 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

LISABON, KOMPAS.com - Ribuan mobil mewah ditinggalkan di sebuah kapal kargo Felicity Ace setelah terbakar di Samudra Atlantik dalam perjalanan ke AS.

Kapal kargo raksasa itu sedang melakukan perjalanan dari Emden di Jerman, sebelum terbakar di lepas pantai pulau Azores Portugal.

Surat kabar Jerman Handelsblatt melaporkan kapal itu membawa 3.965 kendaraan, yang juga termasuk Audi, Lamborghini dan sejumlah kecil Bentley.

Awak kapal telah diselamatkan seperti dilansir BBC pada Jumat (18/2/2022)

Baca juga: Barang Maradona dari Cerutu, Mobil Mewah, hingga Vila Dilelang untuk Bayar Utang

Angkatan Laut Portugal mengatakan tidak ada yang terluka oleh kebakaran, yang terjadi pada Rabu (16/2/2022). Sebanyak 22 awak dibawa ke sebuah hotel setelah angkatan laut, empat kapal dagang berlayar di daerah itu dan Angkatan Udara Portugis menyelesaikan evakuasi.

"Pemilik kapal kargo Felicity Ace telah menghubungi agen logistik untuk menyusun rencana penarikan kapal," kata angkatan laut dalam sebuah pernyataan.

"Sejauh ini, tidak ada sumber polusi yang tercatat."

Menurut Handelsblatt, email internal dari Volkswagen USA menyatakan bahwa kapal itu membawa 3.965 kendaraan merek VW, Porsche, Audi dan Lamborghini.

Volkswagen tidak mengonfirmasi jumlah mobil di kapal, tetapi Porsche mengatakan memiliki sekitar 1.100 model di kapal kargo Felicity Ace.

Perusahaan mengatakan "mengetahui insiden yang melibatkan kapal kargo pihak ketiga yang mengangkut kendaraan Grup Volkswagen melintasi Atlantik".

Baca juga: Cerita Jurnalis BBC Memburu Hacker Rusia yang Kendarai Mobil Mewah

Bentley mengonfirmasi bahwa 189 mobilnya juga ada di kapal.

"Kami bekerja sama dengan perusahaan pelayaran untuk mengetahui informasi lebih lanjut," kata seorang juru bicara.

Kapal itu sedang melakukan perjalanan ke sebuah pabrik Volkswagen di Davisville, Rhode Island, menurut situs Marine Traffic.

Beberapa pelanggan mengungkapkan kekecewaan mereka di media sosial.

Seorang pengguna Twitter melaporkan Porsche Boxter Spyder dengan spesifikasi khusus berada di atas kapal. Model standar kendaraan dipasarkan mulai sekitar 99.650 dollar AS (Rp 1,4 miliar) menurut laporan Bloomberg.

Baca juga: Viral Mobil Mewah Berlambang Polisi Malaysia, Pejabat Sebut Hanya untuk Pengetesan

Felicity Ace kira-kira seukuran tiga lapangan sepak bola dan sedang dalam perjalanan ke sebuah pelabuhan di Davisville, Rhode Island, ketika sinyal marabahaya dikeluarkan karena kebakaran di salah satu dek kargonya.

Ini bukan pertama kalinya grup VW kehilangan kendaraan di laut. Ketika Grande America terbakar dan tenggelam pada 2019, lebih dari 2.000 mobil mewah, termasuk Audi dan Porsche, ikut tenggelam bersamanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com