Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Ratu Bajak Laut dari Irlandia: Jarah Kapal Dagang, Berkompromi dengan Ratu Inggris

Kompas.com - 19/02/2022, 16:01 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Editor

KOMPAS.com - Ini adalah kisah menakjubkan Grace O'Malley, pelaut, kapten, penjarah, tentara bayaran, pemberontak, bajak laut - sekaligus istri dan ibu.

Kala menikmati malam di sebuah pub di Kota Dublin, Irlandia, sambil minum segelas bir hitam merk Guinness, BBC berbicara dengan seorang kawan yang memberi tahu BBC apa yang tampaknya merupakan kisah yang luar biasa dan mustahil.

Ini adalah kisah tentang seorang perempuan bajak laut, dari County Mayo, di pesisir barat Irlandia.

Baca juga: Sejarah Bajak Laut dan Era Keemasannya

Dia adalah momok di pantai barat Irlandia, layaknya Blackbeard - bajak laut Inggris yang menjadi momok di perairan Spanyol.

Irlandia pada abad ke-16, adalah masa ketika pendidikan masih belum terjangkau semua orang dan para perempuan menghabiskan sebagian besar hidup mereka membesarkan anak dan mengurus rumah tangga.

Akan tetapi, itu bukan kehidupan Grace O'Malley, pelaut, kapten kapal, sekaligus penjarah, tentara bayaran, pemberontak, dan bajak laut. Tapi dia juga seorang istri dan ibu.

Sebuah riset kecil yang BBC lakukan dengan cepat, menunjukkan bahwa legenda Grace O'Malley bukanlah isapan jempol semata, tapi kisah menarik yang memungkiri semua yang biasanya kita anggap remeh tentang era Elizabeth, kala para perempuan memiliki kehidupan di luar rumah mereka.

Baca juga: Ching Shih: Ratu Bajak Laut China Selatan Abad Ke-19

Teluk berhias drumlin

BBC ingin melihat di mana O'Malley tinggal, dan mendengar lebih banyak tentang kisahnya.

BBC segera meluncur ke barat Dublin dengan kereta lambat melintasi padang rumput nan subur. Sembilan puluh menit dalam perjalanan, BBC melintasi Sungai Shannon di Kota Athlone, yang terletak di jantung geografis Irlandia, Provinsi Connaught.

Lanskap kemudian beralih, dari ladang subur menjadi rawa gambut nan suram - namun indah.

Sekitar 90 menit kemudian, BBC tiba di Kota Westport County Mayo, menatap Teluk Clew yang sangat indah dan Samudra Atlantik di sekitarnya.

Teluk ini dihiasi ratusan drumlin, pulau kecil yang terbuat dari puing-puing glasial sisa Zaman Es terakhir, yang mulai tenggelam.

Baca juga: Sosok Bajak Laut Paling Kejam di Dunia Terungkap berkat Koin Arab Langka

Yang paling terkenal dari sebagian besar pulau tak berpenghuni adalah Dorninish, yang di kemudian hari dibeli oleh John Lennon, vokalis band legendaris Inggris, The Beatles, sebagai tempat persembunyian dari serbuan penggemar berat band itu, Beatlemania.

Penginapan BBC terletak hanya beberapa langkah dari Matt Moloy's, pub terkenal yang dimiliki oleh Matt Moloy - musisi folk tradisional Irlandia yang bergabung dalam band The Chieftains.

Di pub ini, semua penduduk setempat tahu legenda Grace O'Malley, yang disebut sebagai Granuaile (diucapkan Gran ya Wale) dalam bahasa Gaelic.

Lahan di sekitar Teluk Clew pernah dikuasai oleh keluarga O'Malley.

Meski Kota Westport belum ada kala itu, Grace O'Malley lahir di Pulau Clare, beberapa mil ke barat di mulut teluk, dan legendanya hidup di area itu.

Baca juga: Dirayakan Lebih dari 100 Tahun, Parade Bajak Laut di AS Batal karena Covid-19

Menjarah kapal dagang

Kisah tentang O'Malley berembus dengan kencang dan cepat.

Tidak semua orang setuju dengan fakta tentang perempuan itu, tapi fragmen-fragmen tentang kepribadian karismatiknya, kehidupan liarnya, dan pengabaiannya terhadap adat istiadat sosial, perlahan muncul.

BBC diberitahu bahwa dia adalah pemimpin dari armada kecil yang terdiri dari 200 prajurit pria dan turut bertarung bersama mereka.

Yang lain mengatakan dia akan menghalangi dan memalak pajak pada kapal dagang yang melewati teluk demi pelayaran yang aman. Jika kapal itu enggan membayar pajak, dia akan menjarah mereka.

BBC ingin tahu lebih banyak, dan seseorang memberi BBC nomor pelaut bernama Aaron O'Grady.

Baca juga: 3 Bajak Laut Wanita Paling Terkenal di Dunia, Siapa Saja?

Pria itu juga lahir di Pulau Clare dan merupakan pakar tentang O'Malley.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com