Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Putih: Invasi Rusia ke Ukraina Bisa Terjadi Kapan Saja, tapi Diplomasi Masih Jadi Pilihan

Kompas.com - 07/02/2022, 11:09 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber Reuters

WASHINGTON, DC, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin bisa saja memerintahkan serangan atau invasi Rusia ke Ukraina dalam beberapa hari atau minggu ke depan.

Hal itu diungkapkan Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Amerika Serikat (AS), Jake Sullivan pada Minggu (6/2/2022), sebagai sebuah peringatan ketika Washington dan sekutu Eropanya tengah melanjutkan upaya untuk menawarkan Putin jalan keluar diplomatik dari krisis.

"Rusia dapat mengambil tindakan militer terhadap Ukraina, (hal itu) bisa saja terjadi beberapa minggu dari sekarang, atau Rusia dapat memilih untuk mengambil jalur diplomatik sebagai gantinya," kata Sullivan dalam program "Fox News Sunday".

Baca juga: Peringatan Terbaru AS: Rusia Bisa Menginvasi Ukraina Kapan Saja

Sullivan membuat komentar dalam wawancara televisi setelah dua pejabat AS pada Sabtu (5/2/2022), mengatakan Rusia, yang merebut Crime dari Ukraina pada tahun 2014, memiliki sekitar 70 persen dari kekuatan tempur yang diyakini akan dibutuhkan untuk invasi skala penuh ke Ukraina.

Ketika Rusia mengumpulkan lebih dari 100.000 tentara di dekat perbatasan, Moskwa mengatakan tidak merencanakan invasi, tetapi dapat mengambil tindakan militer yang tidak ditentukan jika tuntutan keamanannya tidak dipenuhi.

Itu termasuk janji bahwa NATO tidak akan pernah mengakui Ukraina, tuntutan yang oleh AS dan 30 negara aliansi keamanan Barat disebut tidak dapat diterima.

Gedung Putih sendiri melaporkan bahwa Presiden AS Joe Biden telah berbicara dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron pada Minggu.

Seruan itu datang menjelang kunjungan Macron ke Mokswa pada Senin, puncak dari kontak Perancis dengan Rusia dan Ukraina selama berhari-hari untuk mencoba meredakan ketegangan.

Baca juga: Media Barat Ramai Beritakan Ketegangan Perbatasan Ukraina, Bagaimana di Rusia?

Panggilan telepon selama 40 menit antara Biden dan Macron memungkinkan kedua pemimpin untuk berkoordinasi sebelum perjalanan, menurut sumber Kepresidenan Perancis.

“Jika Putin tidak terhalang oleh dorongan diplomatik, kemungkinan tindakan Rusia dapat mencakup pencaplokan wilayah Donbass Ukraina, di mana separatis yang didukung Rusia memisahkan diri dari kendali pemerintah Ukraina pada 2014, serangan siber atau invasi skala penuh ke Ukraina,” kata Sullivan, dikutip dari Reuters, Senin.

"Kami percaya bahwa ada kemungkinan yang sangat jelas bahwa Vladimir Putin akan memerintahkan serangan ke Ukraina," kata Sullivan dalam program "This Week" milik ABC.

Menurut dia, invasi Rusia ke Ukraina bisa saja terjadi besok atau bisa memakan waktu beberapa minggu lagi.

“Dia (Putin) telah menempatkan dirinya dalam posisi dengan penempatan militer untuk dapat bertindak agresif terhadap Ukraina kapan saja sekarang," tambah Sullivan.

Baca juga: AS Perkirakan Dampak Jika Invasi Rusia ke Ukraina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com