Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pesiar Raksasa Baru Jeff Bezos Tak Akan Bisa Berlayar kecuali Bongkar Jembatan Bersejarah

Kompas.com - 05/02/2022, 15:30 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber BBC

ROTTERDAM, KOMPAS.com - Rotterdam mengonfirmasi rencana membongkar jembatan bersejarah untuk memungkinkan kapal pesiar raksasa yang dibangun untuk pendiri Amazon Jeff Bezos bisa berlayar ke laut.

Kapal pesiar mewah yang memecahkan rekor itu sedang dibangun oleh perusahaan Belanda Oceanco dan dikaitkan dengan Bezos tahun lalu.

Baca juga: Warga Siap Lempar Telur Busuk ke Kapal Pesiar Raksasa Jeff Bezos jika Jembatan Bersejarah Dibongkar

Kapal tersebut dilaporkan memiliki panjang 417 kaki (127 m) dan terlalu tinggi untuk melewati Jembatan Koningshaven.

Seorang juru bicara Wali Kota mengonfirmasi rencana tersebut kepada wartawan, dengan Bezos akan membayar tagihan melalui Oceanco, menurut laporan BBC pada Jumat (4/2/2022).

Laporan muncul di media Belanda pada Selasa (1/2/2022) bahwa bagian tengah jembatan kota Belanda, yang dikenal secara lokal sebagai De Hef, akan dipindahkan sementara untuk memungkinkan perahu setinggi 130 kaki (40 m) berlayar.

Langkah tersebut kontroversial karena jembatan baja tersebut memiliki sejarah panjang, dan sekarang menjadi monumen nasional.

Sebelumnya jembatan itu mengalami renovasi besar yang membuatnya tidak berfungsi dari 2014 hingga 2017, ketika para pejabat mengatakan itu tidak akan dibongkar lagi.

Kantor berita AFP mengutip kantor Wali Kota yang mengatakan pekerjaan yang diciptakan oleh pembangunan kapal mendorong rencana tersebut, dan berjanji jembatan itu akan dibangun kembali dalam bentuknya yang sekarang.

"Ini satu-satunya rute ke laut," tambah juru bicara Wali Kota.

Baca juga: Jeff Bezos Sumbang Rp 7 Miliar di Acara Amal dan Jadi Donor Tunggal Terbesar

Sentimen itu digaungkan oleh pemimpin proyek otoritas lokal Rotterdam Marcel Walravens, yang mengatakan tidak praktis untuk menyelesaikan pembangunan kapal pesiar di tempat lain.

Dia mengatakan kepada situs web Rijnmond bahwa proyek itu "sangat penting" dari perspektif ekonomi dan mengutip reputasi Rotterdam sebagai "ibu kota maritim Eropa".

"Pembuatan kapal dan aktivitas di sektor itu merupakan pilar penting kotamadya," katanya.

Walravens mengatakan kepada surat kabar lokal proyek kemungkinan akan terjadi di musim panas, dengan pejabat berharap bagian itu dapat dibongkar dan dipasang kembali dalam beberapa minggu.

Rincian tentang pesanan kapal pesiar mewah yang dibuat oleh Oceanco muncul tahun lalu.

Perusahaan tetap bungkam tentang kliennya, tetapi biografi Bloomberg tentang Bezos pada 2021 tampaknya mengonfirmasi rumor bahwa ia akan menjadi pemiliknya.

Baca juga: Jeff Bezos Donasikan Ratusan Dollar AS pada Obama Foundation, Untuk Apa?

Jeff Bezos saat tiba di acara amal Baby2Baby di Pacific Design Center, West Hollywood, California, Amerika Serikat, Sabtu (13/11/2021).INVISION/JORDAN STRAUSS via AP Jeff Bezos saat tiba di acara amal Baby2Baby di Pacific Design Center, West Hollywood, California, Amerika Serikat, Sabtu (13/11/2021).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com