Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Angkatan Udara Inggris Cegat 4 Pesawat Militer Rusia

Kompas.com - 03/02/2022, 10:00 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber AP

LONDON, KOMPAS.com - Angkatan Udara Kerajaan Inggris mengatakan pada Rabu (2/2/2022) bahwa mereka mengerahkan jet tempur sebagai tanggapan terhadap empat pesawat militer Rusia yang menuju ke Inggris.

Pasukan itu mengatakan empat pembom strategis Rusia “dicegat dan dikawal,” dan menambahkan bahwa mereka tidak memasuki wilayah udara Inggris pada titik mana pun.

Baca juga: Ukraina Khawatir Rusia Gunakan Area Bencana Chernobyl untuk Serangan Cepat ke Kiev

Melansir AP, jet tornado Angkatan Udara Kerajaan Inggris lepas landas dari pangkalan angkatan udara Inggris di Lossiemouth, timur laut Skotlandia.

Mereka bergabung dengan kapal tanker pengisian bahan bakar udara-ke-udara Voyager yang diluncurkan dari Oxfordshire, Inggris.

Pihak berwenang tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang operasi tersebut.

Pasukan tersebut secara rutin mencegat pesawat yang mendekati apa yang digambarkannya sebagai “wilayah kepentingan Inggris.”

Baca juga: AS Tambah 3.000 Pasukan ke Eropa Timur Amankan NATO dari Risiko Perang Rusia-Ukraina


Sebelumnya dikatakan bahwa pesawat militer Rusia yang memasuki zona wilayah udara internasional yang diawasi Inggris dapat menimbulkan bahaya bagi pengguna udara lain, karena mereka sering tidak melakukan komunikasi dengan kontrol lalu lintas udara.

Pada November 2021, jet juga diluncurkan sebagai tanggapan terhadap pembom strategis Rusia.

Para pejabat mengatakan pada saat itu juga mengatakan bahwa pasukannya mengawal pesawat Rusia keluar dari "wilayah kepentingan Inggris”, dan bahwa para pembom tidak memasuki wilayah udara Inggris.

Baca juga: PM Inggris Sebut Putin Todongkan Pistol ke Kepala Ukraina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com