Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RS India Minta Maaf karena Pakai Foto Morgan Freeman dalam Iklan Perawatan Kulit

Kompas.com - 01/02/2022, 19:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber NDTV

 

KOMPAS.com - Sebuah rumah sakit di Kerala, India, telah meminta maaf karena menggunakan foto aktor Amerika Morgan Freeman dalam iklan perawatan kulit.

Rumah sakit koperasi Vadakara mendapat kecaman ketika foto-foto iklan mereka mulai beredar di media sosial.

Dilansir NDTV, foto poster yang saat ini sudag dihapus menunjukkan bahwa rumah sakit menggunakan foto aktor berusia 84 tahun itu untuk mengiklankan beberapa layanan.

Ini termasuk menghilangkan tag kulit, kutil, milia, dan banyak lagi.

Baca juga: WhatsApp Pasang Iklan 1 Menit di Televisi AS, supaya Laku?

Pengguna media sosial mengecam rumah sakit karena memasang iklan dengan nada rasis.

"Sir Morgan Freeman, foto Anda digunakan sebagai poster di dewan iklan departemen dermatologi di rumah sakit di Kerala, India," tulis seorang pengguna Twitter.

"Menggunakan gambar Anda sebagai sampel, mereka mengklaim membuat semua orang bisa bebas dari cokelat gelap, kerutan, pigmen."

Kritikus film GP Ramachandran menulis: "Rumah Sakit Koperasi Vadakara adalah aib dan penghinaan terhadap sektor koperasi besar di Kerala."

Baca juga: Pakai Harimau Asli untuk Iklan, Gucci Digeruduk Pelanggan dan Aktivis Lingkungan

Sementara itu, Sree Parvathy, seorang penulis, melanjutkan ke daftar filmografi Morgan Freeman yang mengesankan dan ekstensif dalam upaya untuk memperkenalkan aktor pemenang Oscar itu.

"Mereka yang mengangkat gambar Morgan dari internet gagal mengidentifikasi aktor pemenang Oscar dan melihat warna kulitnya, ruam di wajahnya dan warisan Afrika-Amerika-nya," tulisnya.

Setelah menghadapi reaksi keras atas iklan tersebut, rumah sakit koperasi Vadakara meminta maaf dan menurunkan poster mereka.

"Gambar itu diambil dari internet dan papan itu dipajang di dekat korban pada 26 Januari. Ketika kami mengetahui kesalahan tersebut, papan itu dihapus pada hari Sabtu," kata T Sunil, manajer pemasaran rumah sakit tersebut.

Baca juga: Hindari Dijodohkan Ibu, Pria Ini Pasang Iklan Cari Istri Lewat Reklame

"Rumah sakit telah mengeluarkan permintaan maaf di halaman Facebook-nya. Tidak ada niat untuk mencemarkan nama baik aktor hebat itu," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber NDTV
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com