Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Temukan Puing Jet Tempur F-15 yang Hilang dari Radar

Kompas.com - 01/02/2022, 13:35 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

ISHIKAWA, KOMPAS.com - Pesawat dan kapal Jepang pada Selasa (1/2/2022) mencari dua awak dari sebuah jet tempur yang diyakini jatuh setelah lepas landas sehari sebelumnya, kata seorang juru bicara pemerintah.

Puing dari jet F-15 telah ditemukan, tetapi pihak berwenang masih mencari dua orang di dalamnya, kata juru bicara pemerintah Hirokazu Matsuno dikutip dari AFP.

Jet F-15 Jepang yang sedang dalam misi pelatihan itu menghilang dari radar tak lama setelah lepas landas pada Senin (31/1/2022) sore, kata Matsuno.

Baca juga: Jet Tempur F-15 Jepang Hilang dari Radar Tak Lama Usai Lepas Landas

Pesawat tersebut menghilang sekitar lima kilometer di barat hingga barat laut pangkalan udara Komatsu di wilayah Ishikawa, lepas Laut Jepang.

"Sebagian badan pesawat jet tempur ditemukan di daerah itu, jet tempur diyakini telah jatuh," kata Matsuno.

Juru bicara itu mengatakan, semua upaya sedang dilakukan untuk menemukan awak yang hilang. Ppesawat dan kapal Pasukan Bela Diri Jepang serta kapal patroli penjaga pantai menyisir daerah itu.

Tidak ada penjelasan untuk kecelakaan itu sejauh ini, dan Kementerian Pertahanan Jepang belum berencana mengandangkan armada F15-nya setelah insiden itu.

Jepang kadang-kadang mengalami kecelakaan yang melibatkan angkatan udaranya, termasuk pada 2019 ketika jet siluman F-35A jatuh ke laut setelah pilot mengalami disorientasi spasial.

Kecelakaan itu memicu pencarian cepat untuk menemukan pilot dan rahasia di dalam pesawat.

Baca juga: Video Detik-detik Mencekam Mahan Air Iran Hampir Tabrak Jet Tempur F-15 AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com