Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Muda Diperkosa Ramai-ramai dan Diarak di Jalan, Polisi Tahan 11 Orang

Kompas.com - 31/01/2022, 21:08 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

NEW DELHI, KOMPAS.com - Polisi India pada Jumat (28/1/2022) mengatakan, mereka menahan 11 orang termasuk beberapa wanita setelah seorang ibu muda diduga diculik, diperkosa beramai-ramai, kemudian diarak di jalanan New Delhi pada siang bolong.

Insiden itu, yang terbaru dalam kekerasan seksual di India, mendapat kecaman luas termasuk dari Komisi Wanita Delhi dan kepala menteri Delhi, yang menyebutnya "memalukan".

Video di media sosial yang tidak dapat diverifikasi secara independen menunjukkan, korban--wajahnya menghitam dengan tinta dan rambutnya dipotong--didorong dan dicemooh oleh beberapa wanita saat para penonton bersorak dan merekam dengan ponsel.

Baca juga: Dituduh Mencuri, 4 Perempuan Ditelanjangi dan Dipukuli Warga, Diarak di Jalan

Wakil Komisaris Polisi R Sathiyasundaram mengatakan, insiden di distrik Shahdara di Delhi timur pada Rabu (26/1/2022) itu sebagai akibat dari permusuhan sebelumnya di antara tetangga.

Dia tidak memberikan rincian lebih lanjut, tetapi laporan-laporan media mengatakan, seorang kerabat berusia 16 tahun dari para pelaku bunuh diri dengan melompat di depan kereta setelah wanita berusia 21 tahun yang sudah menikah itu menolak permintaannya.

"Semua 11 orang yang ditangkap termasuk dua anak di bawah umur, yang tidak dapat diadili sebagai orang dewasa, adalah satu keluarga, dan video dengan jelas menunjukkan para perempuan yang terdepan," kata Sathiyasundaram kepada AFP.

Korban mengatakan kepada polisi, dia diculik oleh anggota keluarga kemudian diperkosa oleh beberapa pria dan anak di bawah umur yang dihasut oleh para perempuan, lalu dipukuli dengan tongkat dan diarak ke luar.

"Kami sedang memeriksa video untuk mengidentifikasi orang lain yang terlibat dan akan ada lebih banyak penangkapan," ujar Komisaris Tambahan Polisi Delhi Chinmay Biswal kepada AFP.

Ibu muda yang memiliki anak berusia dua tahun tersebut kini menerima konseling setelah insiden yang dilaporkan terjadi hampir 50 meter dari pos polisi yang saat itu tidak dihuni.

Undang-undang pemerkosaan India dirombak setelah pemerkosaan geng 2012 yang terkenal di New Delhi, tetapi jumlah kasusnya tetap tinggi. Lebih dari 28.000 pemerkosaan dilaporkan pada tahun 2020.

Banyak kasus lainnya yang dianggap tidak dilaporkan dan polisi telah lama dituduh tidak berbuat cukup untuk mencegah kekerasan, serta gagal membawa kasus kekerasan seksual ke pengadilan.

Baca juga: Berusia 24 Tahun, Ibu Muda Ini Punya 21 Bayi dan Menggaji 16 Pengasuh

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com