Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapi Tekanan China, Presiden Taiwan Berjanji Lebih Terlibat dengan Dunia

Kompas.com - 31/01/2022, 18:30 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Reuters

TAIPEI, KOMPAS.com - Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menyuarakan nada menantang dalam menghadapi tekanan China yang tak henti-hentinya dengan berjanji untuk "terlibat lebih jauh” dengan dunia.

Hal itu disampaikannya dalam pesan Tahun Baru Imlek yang disampaikannya pada Minggu (30/1/2022), seraya menyampaikan terima kasih kepada negara-negara demokratis atas dukungan mereka terhadap pulau itu.

Baca juga: China Peringatkan AS: Dukungan untuk Kemerdekaan Taiwan Akan Picu Konflik Militer

China, yang mengklaim pulau yang diperintah secara demokratis itu sebagai wilayahnya sendiri, telah meningkatkan aktivitas militer di sekitar Taiwan selama dua tahun terakhir dan meningkatkan upaya untuk membatasi peran internasionalnya.

Beijing juga mengecam pihak-pihak yang berusaha mendukung Taipei atau memperkuat hubungan dengannya.

Dalam pesan video pendek yang direkam sebelumnya sehari sebelum malam Tahun Baru Imlek, Tsai menyatakan penghargaan atas meningkatnya dukungan internasional untuk Taiwan.

"Saya ingin berterima kasih secara khusus kepada semua mitra demokrasi atas dukungan mereka kepada Taiwan selama setahun terakhir," katanya melansir Reuters.

"Kami akan terus memperdalam pertukaran (interaksi) dengan semua negara dan melangkah lebih jauh ke dunia."

Baca juga: Presiden Terpilih Honduras Ingin Pertahankan Hubungan dengan Taiwan

Taiwan tengah berbesar hati dengan dukungan untuknya tidak hanya dari Amerika Serikat, yang secara tradisional merupakan pendukung terpentingnya, tetapi juga dari para pemimpin dan politisi di Jepang, Eropa dan oleh kelompok negara-negara industri G7, yang semuanya telah membuat marah Beijing.

Tsai tidak secara langsung menyebut China atau secara langsung mengucapkan selamat tahun baru. Dia hanya menyampaikan harapan terbaik kepada "teman baik" di seluruh dunia yang merayakan festival besar ini. Termasuk di negara-negara seperti Vietnam dan Korea Selatan.

Tahun lalu Tsai mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek kepada China, tetapi mengatakan dia tidak akan menyerah pada tekanan China dan mengulangi seruan untuk melanjutkan dialog dengan Beijing, yang ditolak China.

Baca juga: Angkatan Udara China Disebut Lakukan Misi Mengancam, Taiwan Siap Pertahankan Negara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com