Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Setujui Kunjungan Kepala HAM PBB ke Xinjiang Usai Olimpiade

Kompas.com - 31/01/2022, 14:01 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Editor

BEIJING, KOMPAS.com - China telah menyetujui kunjungan Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia ke Xinjiang pada paruh pertama 2022 setelah Olimpiade Musim Dingin Beijing, menurut laporan South China Morning Post yang mengutip sumber tanpa nama.

Laporan South China Morning Post pada Kamis (27/1/2022), mengutip sumber yang mengatakan bahwa persetujuan untuk kunjungan setelah berakhirnya Olimpiade Musim Dingin eijing, yang berlangsung 4-20 Februari 2022, diberikan dengan syarat perjalanan itu harus "ramah dan tidak dibingkai sebagai sebuah investigasi.

Baca juga: Senat AS Loloskan RUU Larangan Impor dari Xinjiang

"Tidak seorang pun, terutama diplomat hak asasi manusia terkemuka di dunia, harus tertipu oleh upaya pemerintah China untuk mengalihkan perhatian dari kejahatan terhadap kemanusiaan yang menargetkan Uighur dan komunitas Turki lainnya," kata Sophie Richardson, Direktur China di Human Rights Watch kepada Reuters melalui email, Jumat (28/1/2022).

Sebelumnya, sejumlah kelompok hak asasi manusia menuduh China melakukan pelanggaran besar-besaran terhadap Uighur dan kelompok minoritas lainnya di wilayah barat Xinjiang, termasuk penahanan massal, penyiksaan, dan kerja paksa.

Amerika Serikat (AS) juga menuduh China melakukan genosida.

Namun, Beijing membantah tuduhan pelecehan terhadap Uighur dan Muslim Turki lainnya, dan menjelaskan kebijakan yang dilakukan untuk memerangi ekstremisme beragama.

Baca juga: AS Desak Perusahaan Segera Putus Bisnis dengan Xinjiang atau Kena Masalah Hukum

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com