Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Olimpiade Beijing, Kasus Covid-19 China Melonjak Tertinggi sejak Maret 2020

Kompas.com - 17/01/2022, 14:01 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - Jumlah kasus Covid-19 di China mencapai yang tertinggi sejak Maret 2020 pada Senin (17/1/2022), tiga minggu menjelang Olimpiade Beijing dimulai.

Pada Senin ada 223 kasus lagi yang dilaporkan di China, termasuk 80 di kota pelabuhan Tianjin dan sembilan (termasuk Omicron) di pusat manufaktur utama Guangdong.

Para atlet dan ofisial yang sudah mendarat di ibu kota China menjelang Olimpiade Musim Dingin, langsung memasuki bubble yang dikontrol ketat memisahkan mereka sepenuhnya dari populasi lainnya.

Baca juga: Mengenal Strategi Nol Covid China, Begini Cara Kerja dan Risikonya...

Namun, setelah kasus Omicron lokal terdeteksi akhir pekan lalu, pihak berwenang juga memperketat peraturan bagi orang-orang yang tiba di Beijing dari tempat lain di China.

Beijing sekarang mewajibkan tes negatif sebelum perjalanan dan tes lanjutan setelah memasuki kota. Warga juga didesak untuk tidak keluar kota untuk liburan Tahun Baru Imlek yang akan datang.

Beberapa lokasi wisata di Beijing juga telah ditutup, demikian pemberitaan dari AFP.

Para analis memperingatkan, pendekatan nol-Covid yang sedang berlangsung - yang mencakup penguncian dan pembatasan perjalanan yang cepat dan terarah - akan semakin membebani perekonomian.

Sebanyak 68 kasus lainnya dilaporkan di provinsi Henan, di mana lockdown parsial dan pengujian massal dilakukan untuk jutaan penduduk.

Zhuhai, kota daratan yang berbatasan dengan pusat perjudian Makau, memberitahu penduduknya untuk tidak keluar kota setelah mendeteksi beberapa kasus Omicron dan mulai menguji seluruh warga mulai Senin. Sekolah-sekolah juga telah ditutup.

Sementara itu, di kota bersejarah utara Xi'an, yang biasanya menjadi tujuan wisata populer, kasus Covid-19 telah melambat ke angka satu digit setelah hampir sebulan lockdown.

Sebanyak 60 kasus impor lainnya juga tercatat pada 17 Januari 2021, saat China mempertahankan kontrol ketat atas entri perbatasan, termasuk pemotongan jumlah penerbangan dan kebijakan circuit breaker yaitu penghentian rute jika kasus yang tercatat terlalu tinggi.

Baca juga: Suksesnya Lockdown Xian: China Suplai Makanan Gratis dan Turunkan Kasus Covid-19

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com