Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Denmark Ikut Boikot Diplomatik Olimpiade Beijing 2022

Kompas.com - 15/01/2022, 08:31 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

KOPENHAGEN, KOMPAS.com - Denmark mengatakan pada Jumat (14/1/2022), bahwa pihaknya tidak akan mengirim perwakilan resmi ke Olimpiade Beijing 2022 karena persoalan hak asasi manusia (HAM) di China.

"Pemerintah telah memutuskan bahwa kami tidak akan ambil bagian dalam Olimpiade Musim Dingin di China. Bukan rahasia lagi bahwa kami, di Denmark, sangat prihatin dengan situasi HAM di China," kata Menteri Luar Negeri Jeppe Kofod, sebagaimana dikutip dari Kantor Berita AFP, Sabtu (15/1/2022).

Baca juga: Olimpiade Beijing, Jepang Tidak Kirim Pejabat Pemerintah di Tengah Boikot Diplomatik 4 Negara

Namun, Denmark akan tetap mengirip kontingen atlet untuk bersaing dalam gelaran Olimpiade Musim Dingin yang rencananya dimulai pada Februari 2022.

“Mereka (para atlet) dapat mengandalkan dukungan total dari pemerintah. Kami akan menyemangati mereka seperti yang selalu kami lakukan, tetapi dari rumah, bukan dari bangku penonton di Beijing," tambah Kofod.

Jika dijumlah, kini berarti ada lima negara yang mengumumkan keputusan boikot diplomatik pada gelaran Olimpiade Beijing 2022.

Empat negara, yakni Amerika Serikat (AS), Kanada, Australia, dan Inggris telah lebih dulu mengumumkan boikot diplomatik terhadap ajang olahraga tersebut.

Kelompok-kelompok advokasi HAM telah mendukung upaya yang dipimpin AS tersebut.

Direktur Human Rights Watch (HRW) China Sophie Richardson menyebutnya sebagai langkah penting untuk menantang kejahatan pemerintah China terhadap kemanusiaan yang menargetkan Uyghur dan komunitas Turki lainnya.

Baca juga: Presiden Perancis: Boikot Diplomatik Olimpiade Beijing Hanya Simbolis

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com