Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Utara Diklaim Tembakkan Proyektil Tak Dikenal ke Laut, Mirip Rudal Balistik

Kompas.com - 11/01/2022, 07:45 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

SEOUL, KOMPAS.com - Militer Korea Selatan pada Selasa (11/1/2022) mengatakan, Korea Utara menembakkan proyektil tak dikenal ke laut, kurang dari seminggu setelah Pyongyang melaporkan uji coba rudal hipersonik.

Proyektil itu ditembakkan ke laut timur semenanjung Korea, kata Kepala Staf Gabungan Seoul dikutip dari AFP, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Peluncuran itu juga dilaporkan oleh penjaga pantai Jepang, yang mengatakan bahwa Korea Utara menembakkan benda mirip rudal balistik.

Baca juga: Muncul Grafiti Menghina Kim Jong Un, Ribuan Warga Korut Diminta Serahkan Tulisan Tangan

Peluncuran itu dilakukan setelah enam negara, termasuk Amerika Serikat dan Jepang, mendesak Korea Utara menghentikan tindakan destabilisasi menjelang pertemuan tertutup Dewan Keamanan PBB, untuk membahas uji coba pekan lalu yang disebut Pyongyang sebagai rudal hipersonik.

Pada 2021, Korea Utara yang bersenjata nuklir mengatakan, telah berhasil menguji jenis baru rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam, rudal jelajah jarak jauh, senjata yang diluncurkan dengan kereta api, dan yang digambarkan sebagai hulu ledak hipersonik.

Tes terbaru dilakukan saat Korea Utara menolak menanggapi seruan AS untuk melakukan pembicaraan dengan Pyongyang.

Pada pertemuan penting partai berkuasa Korea Utara bulan lalu, Kim Jong Un yang mengawasi kemajuan pesat teknologi militer negara itu dengan mengorbankan sanksi internasional, bersumpah untuk terus membangun kemampuan militer.

Baca juga: Korea Utara Klaim Luncurkan Rudal Hipersonik Kedua, Sukses Capai Target

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com