Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Brasil Masuk Rumah Sakit Lagi, Kemungkin Perlu Menjalani Operasi

Kompas.com - 04/01/2022, 20:31 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Reuters

SAO PAULO, KOMPAS.com - Presiden Brasil Jair Bolsonaro dirawat di rumah sakit pada Senin (3/1/2022) karena penyumbatan usus, dan mungkin perlu menjalani operasi akibat komplikasi terbaru dari penusukan 2018.

Bolsonaro mengatakan dia mulai merasa tidak enak badan pada Minggu (2/1/2022) sore setelah makan siang, dan dokter telah memasukkan selang nasogastrik.

Baca juga: Ribuan Warga Brasil Tumpah di Jalan, Tuntut Pemakzulan Presiden Jair Bolsonaro

"Tes lebih lanjut akan dilakukan untuk operasi potensial pada obstruksi internal di daerah perut," tulis Bolsonaro di Twitter, bersama dengan foto dirinya mengacungkan jempol di ranjang rumah sakit.

Bolsonaro mengatakan itu adalah rawat inap kedua "dengan gejala yang sama", sejak dia ditikam selama acara kampanye September 2018 dan menjalani serangkaian tindakan operasi darurat.

Rumah sakit Vila Nova Star mengonfirmasi dalam catatan medis bahwa Bolsonaro telah dirawat di rumah sakit pada dini hari Senin (3/1/2022) dengan penyumbatan usus.

"Dia dalam kondisi stabil, menjalani perawatan dan akan dievaluasi kembali pagi ini oleh tim Dokter Antonio Luiz de Vasconcellos Macedo. Saat ini, tidak ada perkiraan (kapan) dia akan dipulangkan," katanya melansir Reuters.

Baca juga: Presiden Brasil Jair Bolsonaro: Saya Akan Dibunuh, Ditangkap, atau Terpilih Kembali

Sebelumnya, Jaringan TV Globo menunjukkan gambar Bolsonaro, yang sedang berlibur di negara bagian selatan Santa Catarina.

Dia terlihat berjalan menuruni tangga pesawat kepresidenan setelah mendarat di Sao Paulo sekitar pukul 1:30 pagi waktu setempat (0430 GMT).

Pada Juli 2021, Jair Bolsonaro dibawa ke rumah sakit Vila Nova Star di Sao Paulo karena penyumbatan usus setelah menderita cegukan kronis.

Presiden sayap kanan Brasil ini telah berkuasa sejak 2019, dan berencana untuk mencalonkan diri kembali sebagai presiden dalam pemungutan suara yang dijadwalkan Oktober tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com