Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Gantung Mati di Tengah Jalan saat Malam Tahun Baru, 21 Orang Terjebak 12 Jam

Kompas.com - 03/01/2022, 18:29 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Sky News

ALBUQUERQUE, KOMPAS.com - Rekaman dramatis menunjukkan momen penyelamatan 21 orang yang ditarik turun dari kereta gantung, setelah terjebak semalam pada Malam Tahun Baru 2022 di jalur gunung trem Sandia Peak Tramway, Albuquerque, New Mexico.

Operator trem gantung terpanjang di AS itu mengatakan harus menghentikan operasi di resor ski pada Jumat (31/1/2021) malam. Masalahnya, ada pembentukan "lapisan es yang parah karena kelembaban dan suhu dingin yang memengaruhi kabel darurat".

Baca juga: 874 Mobil Kembali Dibakar di Seluruh Perancis pada Malam Tahun Baru

Dua kereta gantung saat itu sedang membawa karyawan trem dan orang-orang yang bekerja di restoran Ten 3 di puncak trem, pada ketinggian 10.378 kaki (3.163 m).

Tim Pencarian dan Penyelamatan New Mexico mengatakan mereka diberitahu tentang penumpang yang terjebak, tepat sebelum jam 3 pagi pada Hari Tahun Baru.

Penyelamat membutuhkan beberapa jam untuk mendaki ke lokasi dan menentukan rencana evakuasi.

Komandan operasi penyelamatan Spenser Moreland mengatakan para penumpang dalam insiden itu telah diberi makanan, air, dan selimut oleh responden.

Dua puluh orang dalam satu kereta gantung diturunkan ke tanah dengan tali dan kemudian dievakuasi dengan helikopter. Petugas pemadam kebakaran mengatakan mereka semua telah diselamatkan pada pukul 1 siang melansir Sky News pada Minggu (2/1/2022).

Ada juga seorang pegawai trem yang terjebak sendirian di gerbong kedua. Mereka "aman di pangkalan" tepat sebelum pukul 4 sore, kata pemadam kebakaran wilayah Bernalillo.

Baca juga: Kembang Api Tahun Baru di Uni Emirat Arab Pecahkan 2 Rekor Dunia

Pihak berwenang mengatakan angin kencang dan jarak pandang yang buruk menghambat penyelamatan.

"Ini bukan sesuatu yang tidak kami perkirakan di beberapa titik," kata wakil kepala daerah Bernalillo, Larry Koren.

"Kami telah melakukan banyak pelatihan dengan semua pemangku kepentingan pencarian dan penyelamatan kami di sini di masa lalu mengenai operasi trem."

Jalur trem biasanya membutuhkan waktu 15 menit untuk membawa penumpang ke puncak Sandia Peak, resor ski pertama di New Mexico.

Ada banyak sistem keamanan dan cadangan di trem, yang mengganti dua kereta gantungnya pada 2016.

Baca juga: Jarang Terjadi, Orang Asing Masuk Korut dari Korsel Saat Tahun Baru 2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com