Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Migran Tenggelam di Yunani, 16 Orang Tewas

Kompas.com - 25/12/2021, 13:32 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

YUNANI, KOMPAS.com – Sedikitnya 16 orang tewas ketika sebuah kapal migran tenggelam di Laut Aegea, Yunani, Jumat (24/12/2021).

Hal ini disampaikan oleh penjaga pantai Yunani pada Sabtu (25/12/2021) pagi waktu setempat atau hanya beberapa jam setelah insiden serupa merenggut 11 nyawa.

Tragedi terbaru atau yang ketiga sejak Rabu (22/12/2021), terjadi di tengah aktivitas penyelundup migran yang tinggi dan tidak terlihat di perairan Yunani dalam beberapa bulan.

Baca juga: Kapal Feri di Bangladesh Terbakar, 37 Orang Tewas, 72 Luka-luka

Menurut Athens News Agency, penjaga pantai menemukan 16 mayat pada Jumat malam, termasuk tiga orang wanita dan seorang bayi, serta menyelamatkan 63 orang dari sebuah kapal yang terbalik dan tenggelam di dekat pulau Paros.

Beberapa jam sebelumnya, 11 mayat ditemukan dari sebuah kapal yang kandas di sebuah pulau di utara pulau Antikythera, Yunani pada Kamis (23/12/2021) malam waktu setempat.

Menurut penjaga pantai, 90 orang yang terdampar di pulau tersebut telah diselamatkan saat itu.

Pada hari Rabu, sebuah sampan yang membawa migran terbalik di pulau Folegandros, menewaskan sedikitnya tiga orang.

“13 orang berhasil diselamatkan, sementara puluhan lainnya masih hilang,” kata pihak berwenang Yunani sebagaimana dikutip dari Kantor Berita AFP, Sabtu.

Badan pengungsi PBB UNHCR mengatakan kecelakaan Folegandros adalah yang terburuk di Laut Aegea pada tahun ini.

Baca juga: Kedubes Belarus di London Diduga Diserang Imigran Radikal, Saat Krisis Migran di Perbatasan Polandia

"Kapal karam ini adalah pengingat menyakitkan bahwa orang-orang terus melakukan perjalanan berbahaya," kata Adriano Silvestri, asisten perwakilan UNHCR di Yunani.

Sebelumnya, pada Jumat, penjaga pantai telah mencegat kapal lain dengan 92 pria dan anak laki-laki di dalamnya setelah kandas di pantai semenanjung Peloponnese.

Tiga tersangka penyelundup yang melarikan diri dari perahu dengan berjalan kaki kemudian ditangkap.

UNHCR memperkirakan bahwa lebih dari 2.500 orang tewas atau hilang di laut dalam upaya mereka mencapai Eropa dari Januari hingga November 2021/

Hampir satu juta orang, terutama pengungsi Suriah, tiba di Uni Eropa pada 2015 setelah menyeberang ke pulau-pulau Yunani yang dekat dengan Turki.

“Akhir-akhir ini, aktivitas kriminal penyelundupan yang tidak peduli dengan kehidupan manusia semakin intensif, menumpuk puluhan orang yang tertekan, tanpa jaket pelampung, di kapal yang bahkan tidak memenuhi standar keselamatan dasar,” ujar Giannis Plakiotakis, Menteri Kelautan Yunani, berkomentar pada Jumat malam.

Baca juga: Yunani Akan Terapkan Denda Vaksin Covid-19 Per Bulan bagi Warga yang Menolak Diinokulasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com